Powered by Cloudflare

Kemarin, baru saja sign-up layanan dari cloudflare. Apa sih yang ditawarkan oleh cloudflare? Pada dasarnya, cloudflare adalah penyedia jasa Content Delivery Network (CDN) yang pada prinsipnya akan mempercepat akses ke website kita dengan melakukan caching konten-konten statis dari sebuah website (biasanya berupa gambar/foto), dan didistribusikan ke beberapa server yang tersebar di beberapa titik. Konten yang dibuat redundan dan disebar ke berbagai server yang diletakkan secara geografis berbeda (di USA, di Singapore, di Eropa, dlsb) diharapkan dapat mempercepat akses website tersebut. Jadi pengunjung dari Amerika akan mengakses website dari server terdekat, begitu pula pengunjung dari Eropa akan mengakses konten yang disediakan oleh server Eropa, dan pengunjung dari Asia akan mendapatkan konten website dari server yang terletak di Asia.

Selain layanan CDN, Cloudlfare juga menyediakan DNS Server yang terdistribusi, harapannya pun sama, ketika ada permintaan terhadap sebuah website, dia akan meminta ke server DNS terdekat. Satu lagi layanan dari Cloudflare adalah layanan keamanan, yang paling tidak dapat mengurangi serangan yang terjadi di website kita, dengan memfilter terlebih dahulu request yang berbahaya sebelum sampai ke website tujuan.

Jadi, mari kita lihat, seberapa cepatkah blog ini bisa diakses. Sekedar info, blog ini dihosting di server yang terletak di Eropa, sementara pengunjungnya sebagian besar dari Asia, dan si penulis blognya sedang tinggal di Australia 😀 hehehe … I count on you now Cloudflare.

 

  1. fajar says:

    a nice inpo gan, yang saya dengar untuk akses dari Ina lambat ya gan, apa bener ? Thanks atas sharenya gan…lam kenal

  2. Sulistyo says:

    Mewakili indo ni bro,… U’r site is as speed as u hope bro…, n lam kenal.

  3. NanoG6 says:

    Dulu saya juga sempet pakai CloudFlare, mas Andri.
    Fiturnya emang banyak dan anycast DNS nya juga canggih untuk free service.

    Tapiiii uptime nya jelek sekali. Beberapa kali dalam sebulan website saya terdeteksi offline, padahal sebenernya online.

    Dan website terasa kurang responsif kalo dibandingkan dengan tanpa CloudFlare. Tapi ngga tau juga, mungkin cuma perasaan saya aja pengguna internet fakir bandwidth 😀

    Oya, harusnya memang route melalui server CF yang terdekat dengan user, tapi berdasarkan pengalaman saya pake CF ada *beberapa* ISP di Indonesia yang routingnya kacau (yang bilang kacau sebenernya bukan saya, tapi orang CF sendiri :P), contohnya ISP terbesar di Indonesia itu..

    Misal kalo saya akses dari Indonesia, harusnya server CF yang kena hit adalah di SIN atau HKG, tapi ternyata malah nyasar ke US atau yang lain.

  4. rzlfotocopy says:

    wah baru nyoba yang free,blm nyoba yang bayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site