Membuat iPod Touch menjadi iPhone

Status facebook saya hari ini cukup “heboh”

is converting his iPod Touch 3G into fully working iPhone minus its camera & compass … thanks to SpiritJB ^_^

Beberapa kawan kemudian meminta saya membuatkan tutorial, sebenarnya simple saja, terlebih setelah kehadiran Spirit JB, yang telah membantu saya membuat iPod Touch saya menjadi Jail Broken.

Awalnya boleh dibilang kurang beruntung, karena saya mendapatkan iPod Touch 3G 8GB (katanya sih hardwarenya masih iPod Touch 2G) 3.1.3 versi MC (alias versi baru keluar) yang membuat saya tidak bisa menjadikan iPod saya Untethered Jailbroken.

Tethered Jailbroken: sederhananya, iPod saya kalau mau direstart harus terkoneksi via USB ke komputer, dan kemudian harus menjalankan software untuk melakukan Jailbroken kembali. Untethered tentu saja tanpa harus terkoneksi ke PC, saya bisa merestart iPod Touch kapan pun dan di mana pun tidak tergantung laptop.

Kedatangan SpiritJB membuat segalanya lebih mudah, kini iPod Touch saya bisa direstart tanpa harus terkoneksi dengan laptop. Sejak awal beli, iPod Touch langsung saya Jailbreak. Gunanya untuk apa sih? Sederhana saja, Apple menjadikan banyak fungsionalitas hardware dari iPod/iPhone menjadi terbatas meski sebenarnya kemampuan hardware mendukung. Misal, bluetooth hanya bisa dipakai untuk headset sama pairing dengan sesama iPod/iPhone untuk main game. Tidak bisa untuk koneksi dengan GPS, Dial Up Networking, transfer file, dlsb. Dengan jailbroken (jangan khawatir, semua aplikasi masih bisa dibeli/download dari Apple Apps store) terbuka kesempatan lebar.

Nah, mengapa iPod? Soalnya saya sudah punya smartphone, investasi iPhone baru tentu akan bikin kantong bolong, apalagi harga iPod yang hanya berkisar 1/3 dari iPhone. iPod prinsipnya sama dengan iPhone, kecuali dia ndak punya kamera, GPS, 3G, dan yang paling penting, ndak bisa buat telepon :( Dengan jailbroken iPod, kini hampir semua fungsi itu bisa dilakukan.

Caranya? Sederhana saja, silakan buka website Spirit Jailbreak ikuti petunjuk di sana (sangat mudah sekali), download software (matikan dulu anti virus di WIndows, soalnya ada false alarm, tapi insya Allah saya jamin aman softwarenya kok) spiritJB. Pasang iPod dengan USB ke PC/laptop, jalanin software jailbreak dengan compatibility mode Windows 98 (silakan googling how to-nya), dan kurang dari 10 detik, iPod akan terjailbreak (jailbroken). Default jailbreak akan memuat Cydia untuk install aplikasi-aplikasi jailbreak, tapi saya pilih menggunakan Rock (bisa diinstall via Cydia). Tampilannya akan seperti ini

photo seperti terlihat di samping, paling tidak ini beberapa aplikasi yang saya pergunakan untuk memiliki fungsionalitas layaknya iPhone.
1. Rock: dipergunakan untuk install aplikasi-aplikasi jailbreak (ini pengganti dari Cydia)

2. roqyBT: dipergunakan untuk menghubungkan unit bluetooth GPS (biasa saya pake sebelumnya dengan Windows Mobile, sudah punya sejak dulu) dengan iPod

3. xGPS: dipergunakan untuk navigasi turn by turn, menggunakan basis Google Map. Peta didownload terlebih dahulu via laptop, kemudian ditransfer ke iPod.

4. Siphon: aplikasi telephoni. Saya berlangganan SIP lewat pennytel.com.au, dan membayar kurang lebih 15 dolar Australia untuk mendapatkan nomer lokal Australia (saya pilih Brisbane, karena tinggal di Brisbane) untuk masa 3 tahun (alias 5 dolar atau sekitar 42 ribu rupiah per tahun). Dengan menggunakan ini, saya jadi bisa ditelpon via telpon biasa

5. Backgrounder: untuk menjadikan iPod bisa melakukan multitasking (seperti diketahui, hanya iPhone OS 4 – yang saat ini belum keluar, yang bisa melakukan multi tasking)

6. iBluever: untuk melakukan dial up networking via bluetooth ke HP. Yang berarti, di manapun saya bisa online tanpa tergantung keberadaan Wifi. Saat ini ada dua alternatif yang saya pakai, satu menggunakan HP Sony Ericsson G502 untuk konek 3G/HSDPA, dua menggunakan WMWifiRouter di HTC Touch Pro untuk membuat koneksi Wifi on the go. Sejauh ini sih, menggunakan WM Wifi Router lebih cepat aksesnya ketimbang dial up via bluetooth (lagi pula saya masih menggunakan versi Demo)

7. Kirikae: untuk menampilkan aplikasi-aplikasi yang sedang di multi tasking (termasuk mematikan, dlsb). Software ini pasangannya Backgrounder.

Paling tidak, beberapa software di atas telah menjadikan iPod saya tidak hanya menjadi pemutar musik, plus buat main game, tapi juga bisa menjalankan fungsi layaknya iPhone seperti layanan teleponi dan layanan GPS dan Navigasi.

Paling tidak sekarang, iPod bisa dibawa kemana-mana, dan tetap bisa terkoneksi, sehingga lebih berfungsi :)

  1. sandalian says:

    Sangat menarik tulisannya, jadi kepikiran beli iPod touch.
    Btw utk iPod Touch memang belum ada GPS (secara hardware) ya?

  2. @sandalian: iPod Touch ndak ada GPSnya, ada yg unit external bisa disambungin (berupa cradle), beli dari Tom Tom atau Navigon

  3. sandalian says:

    Sip, makasih atas infonya.
    Kebetulan sudah punya GPS tracker/logger external, dari i-GotU.

  4. hanz says:

    harus terhubung ke internet kgag ni?

  5. Anonymous says:

    harus terhubung ke internet gag ni?

  6. chooey says:

    wah, bagus pak..
    jadi pengen..

  7. ika says:

    kalo buat di indonesia, kita pake provider apa yah? biar bisa buat telpon-telponan??

  8. dewi says:

    Wah great infonya pak…. saya tertarik ni info ttg ipodnya, cuman saya pengen utk baca ebook dan inet aja… apa ada kabel usbnya pak ipod, karna biar bisa disambung ke modem ext, agar bisa koneksi? mhn pencerahannya…

  9. @ika: saya kurang tahu :(

    @dewi: kabel USB tidak bisa langsung nyambung buat modem EXT, kabelnya dipake buat charging, atau syncing dengan iTunes.

  10. dewi says:

    tks pak, jadi ipodnya kalo mo konect tanpa wifi ngk bisa donk yaa, harus nyari sinyal wifi? :( padahal sy udh tertarik banget mo beli utk ebook dan browsing. mohon pencerahannya lagi pak….

  11. Franz says:

    Wah bagus ni tulisannya…
    Mau nanya sekalian nih kalo aplikasi siphon bisa gak yah kalo dipake di indonesia?
    Thx

  12. Joel says:

    Saya mau kasih info, tanpa jailbreak kita bisa menggunakan ipod touch kita untuk telp2an.. caranya mudah, kita menggunakan NIMBUZZ..

    ipod yang saya pakai ipod touch 2G

    pertama kita harus punya account voip rakyat( FREE ).. daftar di voiprakyat.or.id

    kemudian nanti kita mendapatkan nomer telp sendiri dari voip rakyat ..

    masukan nomer tersebut di settingan nimbuzz, masuknya ke other SIP.. selanjutnya kita bisa telp2an dehh, tapi cuma sesama yang punya voip rakyat :) dan bisa dipakai disemua messenger selain nimbuzz, kebetulan saya pake nimbuzz.. oia untuk nelp nya harus pake headset yg ada mic nya..

    selanjutnya masalah GPS, setelah ipod touch di upgrade ke OS 4, GPS workinggg without jailbreak ..

    selamat mencobaaaa :)

  13. tks pak, jadi ipodnya kalo mo konect tanpa wifi ngk bisa donk yaa, harus nyari sinyal wifi? :( padahal sy udh tertarik banget mo beli utk ebook dan browsing. mohon pencerahannya lagi pak

  14. Andri Setiawan says:

    @Pal: justru karena pake iBluever, kita bisa konek ke internet tanpa WiFi (via bluetooth dari HP 3G), dan kalau ada sinyal WiFi, juga tetep bisa konek via WiFi

  15. Anonymous says:

    bos,, maaf ane masih awam nih..
    Ipod Touch itu bisa buat ngenet tanpa wifi g.?

  16. @anonim: gak bisa, kecuali dijailbreak dulu, trus diinstall ibluever dulu

  17. nandar says:

    ipod saya versi 3g 4.2.1 kok not suport katana y
    gmana tu??

  18. hali says:

    yups gan, ane mau tanya,
    ipod touch ane versi 3g 4.2.1 sma kya abang Nandar ko not suport,

    makin tertarik nie klo bisa ngeNet tanpa Wifi,
    trus gnma cra’a biar status ane bsa jd iPhone
    he.he.hehe..!

  19. KHALISH says:

    SAYA PAKE IPHONE ROCK DI INSTAL DI MANA IPHONE SAYA JUGA SUDAH DI JAILBREAKS saya harus instal di mana di cydia atau di app store

  20. Salam kenal dari Agro Buah
    Aku senang bisa komentar di sini, suatu kehormatan bagi kami jika di perkenankan membaca dan mendapatkan ilmu dari anda.
    terima kasih

  21. tito novan says:

    mas saya punya ipod touch 32gb terus bsa ga di gituin tapi sama ga cara nya,,

    pengen coba tapi takut gagal. terus nanti kalau tlp pulsa nya dari mna terus kartu sim gtunya gmna

  22. irsyad says:

    saya punya i pod touch 2nd, sama kasusnya udah coba di jailbreak tp ngga bisa..

  23. zizi says:

    bang , saya pake ipod touch 32 gb nich , tolong kasih tau dunk gmna biar ipod saya bisa buat internet + telp , saya kurang tau nie , tolonk di info ya , thanks

  24. That can be the on-camera flash or another off-camera flash.
    It’s cordless as well, which makes vacuuming a little more fun as kicking a cord around can be quite a pain if you
    know what I mean. The bulb has four brightness levels
    and four transition effects that include short pause, long pause, fast fade and slow fade.

  25. Hasan says:

    Om?mau nanya.saya punya ipod touch 32gb,bagaimana cara agar bisa terkonek sinyal wifi di manapun,atau agar bisa seperti ipod milik mu om?

  26. cara jailbreaknya kn pke kabel usb di colokin ke laptop, dan ipod, setlh itu apa lg ya mas? mohon pencerahanny

  27. jakiramadan says:

    saya punya ipod touch 8gb tapi gapunya jailbreak gimana cara unduh nya

  28. jakiramadan says:

    gimana unduh nya jailbreak :(

  29. I like your site are sharing your wonderful site full of content, design, please visit our page ranza modelleri

  30. ranza modeli says:

    wonderful great great color match for your site very useful comments, please visit our page ranza modeli

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site