Celaan orang-orang yang suka mencela

“Bah, ngapain ngurusin negara lain. Urus tuh Indonesia, rakyatnya masih banyak yang kelaparan, korupsinya juga diurusin!”

“Bahaya kalau orang ini berkuasa, bisa-bisa APBN kita dibawa ke arab semua!”

dan berbagai macam komentar pedas lainnya

Beberapa komentar pedas seperti di atas banyak bermunculan di Internet (baca saja di detik.com), terkait dengan peristiwa genosida Israel terhadap Palestina khususnya penduduk jalur Gaza. Mereka berkomentar pedas (dan kadang menjijikkan) terhadap orang / kelompok di Indonesia yang menyatakan solidaritasnya dan bantuannya kepada bangsa Palestina, baik berupa uang, obat-obatan, logistik, medis. Alasan mereka selalu, Indonesia aja belum selesai diurus, kok ngurusin negara lain.

Geram sekali rasanya membaca tulisan dari mulut-mulut kotor dan keji seperti mereka. Orang-orang yang tidak pernah mengerti rasanya bagaimana bisa dibantu oleh bangsa lain. Saya masih ingat betul peristiwa gempa di Jogja yang kemudian mengalirkan simpati dari banyak negara. Bukan hanya bangsa maju dan kaya saja yang berbondong-bondong membantu Indonesia, bahkan negara yang berkembang pun juga tidak kalah dalam memberikan bantuan. Bahkan di Klaten, di depan pabrik susu SGM, berdiri sebuah rumah sakit darurat milik kuba. Yang ketika bangsa lain seperti dari Itali, Yunani, Singapura, dlsb sudah pada “tutup”, justru Rumah Sakit dari Kuba masih eksis dan tetap buka. Ketika mereka hendak tutup, mereka “didemo” oleh penduduk sekitar untuk tetap buka, dan pada akhirnya mereka mengextend keberadaan mereka di sana.

Kalau kita rajin menolong, insya Allah kita pun akan rajin ditolong. Negara sebagaimana manusia, juga merupakan entitas sosial, yang harus saling menolong ketika ada kesulitan yang menimpa mereka. Tetangga adalah saudara terdekat kita. Lha kalau kita sendiri apatis terhadap kesulitan tetangga kita, dengan dalih bangsa sendiri belum diurusin, mau ditaruh mana muka negara kita ketika kita menghadapi kesulitan dan kemudian minta tolong ke negara lain?

Dan memang sudah diceritakan dalam Alquran, bahwa akan ada orang yang tidak punya kegiatan lain, selain mencela orang lain, dalam segala perilakunya. Seorang mu’min tidaklah patut untuk merasa takut dan rendah diri, terhadap celaan orang-orang yang memang kerjaannya suka mencela orang lain.

Ya Allah berikanlah pertolongan kepada saudaraku di Filistin ..

  1. Mending gitu mereka juga emang bener mau ngurusin negara ini, kalau cuma ngomong aja? mending ke laut aja 😀

  2. nina says:

    ah, barusan tadi melintas di pikiran, gara-gara mbaca komentar-komentar di kompas.com…sempet down juga.
    tapi mbaca penjelasanmu soal waktu gempa di jogja jadi tercerahkan lagi ^^
    thanks ya, ndri.

  3. dimas says:

    orang2 egois, mereka baru sadar ketika mereka kesusahan dan dibantu orang lain, hatinya tertutup karena kemalasan mereka sendiri untuk bergerak sosial kekanan dan kekiri mereka..

    @dony reza: mereka tipe2 pembual, dan pemalas.. banyak omong klo orang lagi aktif membantu orang lain, tetapi sumbangsih sedikitpun gak pernah di berikan..
    kelaut aje!!
    *ikut2 mas dony :)

  4. Harry says:

    orang2 norak dan egois mereka itu, merasa bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain kali

  5. soul says:

    Undangan untuk rekan2 blogger. KalSel punya event besar ARUH BLOGGER 2009 akses di (http://aruhblogger.com). sampaikan kepada rekan2 blogger lainnya

    thanks

    chandra
    CP : 05117718393, 05119044028, 085251534313, 081952954056

  6. Hmm.. manusia, seringkali marah kalau orang tidak perduli sama dia, tapi seperti menutup mata ketika ada orang lain membutuhkan pertolongannya..

    *permisi pak.. mohon izin mengutuk Israel – dalam hati saja..

  7. jiwakelana says:

    Yg coment tu mungkin gak tau tolong menolong, atau egois? Ingin d tolong tp ogak nolong. Namun apapun itu, sebaiknya comentator tsb jngan mencela.

  8. Kill_Them says:

    jd pengen tau muka orang yg ngomong geto…..pengen gue temuin trus gue gorok mulutnya rame2….ga ada maaf buat orang nista kaya geto….loe sama aja dg israel asshole !!
    Maaf kalo kurang sopan…..gue jengkel ngedengernya, kalo loe cuma peduli ma indonesia, napa ga loe urus aja sendiri negeri ini, bisa apa loe ?!?! paling cuman ngebacot doank…..Buat saudara2Q di palestina….aku cuma bisa berdoa semoga ALLAH melimpahkan rahmat serta memberikan balasan yg setimpal kepada Israel di dunia & akhirat, bersabarlah…sesungguhnya doa orang teraniaya itu dikabulkan Tuhan…Amiiinnnn

  9. pakubiru says:

    met pagi mas, gak sengaja ketemu, tadi lagi jalan2 di google mencari cara bagaimana menyampaikan kepada seseorang yang suka mencela bahwa mencela itu tidak baik, malah ketemu blog ini, jd baca2 semua, bagus2 artikelnya.
    Terima kasih atas pencerahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site