Blog tanpa Niche

Seringkali bagi para blogger pemula, untuk memperkaya wawasan, biasanya mereka bertanya ke “paman Google” tentang bagaimana ngeblog itu, tips dan trik agar blog ramai dikunjungi orang, bikin duit pake blog, dan seterusnya. Di antara sekian banyak tulisan yang bertebaran di Internet, biasanya mereka akan “terantuk” kepada satu nasehat, agar membuat blog dengan niche.

Blog dengan niche sendiri kurang lebih berarti menulis blog dengan tema atau topik khusus, sehingga membuat orang akan semakin betah berlama-lama dan berkungjung kembali ke blog kita. Blog dengan niche akan membawa orang-orang dengan interest yang sama, membicarakan hal yang sama, dan punya harapan yang sama terhadap niche yang mereka bangun. Blog dengan niche ini banyak yang kemudian dijadikan sebagai ladang jualan iklan bagi si empunya blog.

Meski bagus, bagi saya, terutama bagi para blogger pemula, menulis dengan niche merupakan siksaan tersendiri. Niat mulia ngeblog, menuliskan apa yang menjadi ide dan ceritanya, menuliskan pengalaman yang ditemuinya, menuliskan apa yang menjadi ganjalan hatinya, dan berbagai macam keinginan lain harus terpasung dengan menuliskan pada topik yang sama.

Susah sekali untuk menuliskan apa-apanya harus pada satu topik tertentu, yang boleh jadi justru akan mengerdilkan kreativitas blogger pemula. Keinginan mereka untuk mendapatkan pengunjung yang banyak “secara instan” justru akan memasung mereka kreativitas berfikir dan menulis dalam diri mereka. Hal ini juga salah satunya disebabkan keterburu-buruan blogger pemula untuk segera menjadi terkenal, syukur-syukur bisa jadi seleb blog. Dan kebetulan apa yang mereka cari di internet banyak menasehatkan untuk bikin blog dengan niche saja. Blog tanpa niche? Kelaut aja ..he..he..

Saya sendiri lebih memilih menuliskan blog ini tanpa niche. Saya lebih senang menjadikan blog ini sebagai payung, payung yang memuat semua niche yang saya bangun. Cukuplah kategori tulisan (category) yang menjadi niche di blog ini. Saya lebih nyaman banyak orang datang ke blog ini karena mencari informasi IT, mencari informasi agama, mencari informasi kesehatan, mencari informasi budaya, mencari informasi pendidikan, dan lain sebagainya. Jumlah visitor? Asal sabar dan tekun menulis dengan tulisan yang baik dan bermanfaat, insya Allah pengunjung akan datang dengan sendirinya.

Salam ngeblog! :mrgreen:

  1. Kok saya malah kebalik yach, dulu saya punya blog isinya gado2 malah bingung mau nulis apa tapi setelah saya punya blog niche, saya malah produktif

  2. pinkparis says:

    i think we have the same opinion, klo memang tujuan awal blog adalah untuk berekspresi ya mustinya kita bisa menuliskan apapun yang ada dalam pikiran kita.

  3. amir says:

    saya sependapat sama mas andri. lebih enak nulis apapun sesuai moodnya. kalo lagi mood nulis tentang kesehatan. ya nulis tentang kesehatan. kalo lagi mood nulis puisi ya nulis puisi. kalo lagi mood nulis tentang rihlan, ya nulis tentang rihlah.

  4. Tulis apa yang pengin kutulis,..tanpa perlu liat kanan kiri asal tidak menyakiti orang lain,..
    Salam ngeblog tanpa niche!

  5. lilih says:

    asyik.
    dapat perbedaan pendapat dari banyak blog yang menyarankan membuat niche blog.
    saya sendiri punya niche blog yang aduh, kalau dipikir2 susah juga ya…

    salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site