Komentar Banyak = Blog Gagal?

Eits, tunggu dulu, jangan kemudian berprasangka yang negatif dulu. Yang saya maksud adalah, suatu blog, yang komentatornya adalah orang-orang yang dia kenal (dalam satu niche, satu jaringan, sohib, dkk).

Walaupun saya ndak bisa datang ke acara pesta blogger 2008, meski dapat undangan datang ke sana (gratis, gak usah bayar), tapi saya mengikuti dari rumah via streaming acara tersebut. Ada satu sesi yang mas Nukman Luthfie (NL) sampaikan selaku pembicara di acara PB 2008. Yakni kesuksesan sebuah blog.

Jika blog kita, dikomentari oleh orang-orang yang kita kenal, maka marketing dari blog tersebut adalah gagal. Kenapa? Ya karena yang kenal dengan blog kita hanya kawan-kawan kita, orang-orang yang sudah kita kenal baik, alias niche-nya ya itu-itu saja, bahasa kerennya 4L, Loe Lagi Loe Lagi. Dan saya pun sepakat dengan pemahaman beliau ini (saya yakin banyak juga yang ndak sepakat). Karena kalau demikian yang terjadi, tidak ubahnya blog kita hanya sekedar tempat alternatif gantinya sms, chatting, forum, dan sejenisnya yang kemudian dimigrasikan ke yang namanya BLOG.

Bagi saya menulis blog adalah berbagi banyak hal, apa yang menjadi pengalaman saya yang saya harapkan juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Orang datang ke blog kita karena tidak sengaja, mereka mencari ke Google, dan kemudian “tersesat” di tempat kita, karena mereka benar-benar mencari informasi akan sesuatu hal.

Hal ini juga yang saya sampaikan, ketika mengisi pelatihan blog untuk dosen-dosen arsitektur UII, Kamis pekan kemarin. Bahwa menulis blog itu memang akan punya banyak niat, tapi di sesi pekan kemarin saya sampaikan, pentingnya menulis untuk kemanfaatan yang lebih banyak. Dan indikatornya jelas, referer blog kita dari mana. Jika kebanyakan dari search engine, berarti tulisan kita memang benar-benar menarik, dan insya Allah bermanfaat bagi yang baca. Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat buat sekitarnya.

😀 :mrgreen:

  1. wadiyo says:

    saya nggak kenal Pak Andri lo…hehehe

  2. snydez says:

    nggak juga sih,
    kaya’nya faktor dibacanya suatu posting (ditandai dengan lamanya seseorang berada di blog tersebut – google bilang => bounce rate) lebih menarik dijadikan acuan

  3. hm, benat juga pak….
    saya sependapat…..
    apalagi kalau yang komentar jg tidak memberikan komentar yang berkualitas. jadinya memang banyak komentar, tapi seperti gak ada artinya selain pertamax, say hay..dll

    salam kenal pak

  4. retno ayu dyah utami says:

    dari pada bikin blog yang bermanfaat cuma dapat komentar yang ga jelas, kenapa ga bikin aja blog yang bis menghasilkan duit……..

    mau tau caranya………..

    kontak aku ya via email di retnobinayu@yahoo.co.id

    GRATIS KOK…!!!! kan lumayan dapat duit bisa buat tambahan jajan….. tapi kalo lu serius bisa buat beli MOBIL lho….

  5. bank al says:

    aku nggak jadi nulis komentar deh, ntar blog-mu jadi Gagal Ndri.

  6. kukuh says:

    lha bukannya malah itu tandanya blog tersebut punya visitor yang loyal ?
    Kalo banyak yang loyal berarti branding-nya bagus kan ? Lagian, blog kan bukan sekedar mencari jumlah komentar, tapi seberapa besar isinya sampai ke (dan memberi manfaat) pembaca. Kalo malah komentar datang dari luar niche yang dipilih itu malah boleh jadi blog yang gagal he he he (spam nyasar)

  7. thevemo™ says:

    Tunggu dulu mas….Kalo yang komeng nya itu – itu mulu, bisa jadi dia adalah penggemar blognya tersebut.

  8. firman says:

    setuju mas …
    sama aja gak nambah jaringan

    btw ptb wdp keren sekali,
    ada satu hal yang masih ingin saya teliti, eh tinjau

    dalam psikologi menolong
    ada satu fenomena bahwa ketika dia menolong itu untuk tujuan supaya dirinya senang, puas, itu sama aja dengan menolong yang egoistik karena pada dasarnya menolong diri sendiri

    nah, gimana ya untuk dunia perblogan
    kadang share file or apalah dengan tujuan supaya blognya laris, banyak comment…

    hmm, kalo pendapat istri Antum gimana?
    sama-sama psikologi kan 😉

  9. wah, saya jadi bikin komentar disini gara-gara nyasar, berarti blog sampeyan sukses mas hehe

  10. Ella says:

    Benar mas, membangun blogger dengan memancing komentar dari orang yang tidak kenal, rasa sangat sulit ya.

  11. Uleng says:

    Mas,berbagi tips donk gmana biar blog kita dikomen byk orang,..td nyari di google,trus nyasar disini,hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site