Hadits-hadits terkait dengan Ramadhan (1429 – 3)

إذ كان ص م يكثر من تلاوة القرآن الكريم فى رمضان ٬  نجبريل عليه السلام يدارسه القرآن في رمضان

Adalah Nabi SAW memperbanyak membaca Alquran Al Kariim di bulan Ramadhan, dan Malaikat Jibril ‘alayhi salam, mengajarkan kepada nabi Alquran pada bulan Ramadhan (HR. Bukhari)

Barangkali ada di antara anda sekalian yang pernah membaca surat cinta dari sang kekasih, tidak cukup semenit, dua menit surat itu dibaca, dibolak-balik, dipandang pandang, dicium-cium kertasnya, dibaca di ruang tamu, dibaca di kamar tidur, dibaca di tepi sungai, dan seterusnya. Surat cinta yang menjadikan semuanya indah di depan mata.

Bagaimana kalau kemudian surat cinta ini datang dari kekasih yang paling tinggi cintanya, Allah SWT. Apakah kita akan membacanya seperti yang sudah saya sebut di atas? Ya tentu saja cara mengekspresikannya akan lain. Akan tetapi, Alquran adalah merupakan surat cinta yang diberikan kepada kita, tidak sekedar luapan dan curahan perasaan, tapi dia merupakan bukti bahwa Allah SWT cinta kepada kita, menginginkan yang terbaik bagi kita semua, maka dijadikanlah olehNya, bahwa surat cinta ini menjadi guidance alias petunjuk bagi yang membacanya. (Ya iyalah, masak orang yang ndak pernah mbaca terus mak jegagig dapat petunjuk? Ya non sense lah.)

Dan bulan Ramadhan adalah bulan ketika Nabi SAW memperbanyak bacaan Alquran. Jauh lebih banyak ketimbang hari-hari biasa. Sebenarnya saat Ramadhan, kemampuan baca Alquran kita akan meninggi, karena banyak kawannya ..he…he.. Jadi mumpung banyak temen yang sedang tilawah, kita ikutan saja, turut merasakan aura bacaan Alqurannya. Jadi, puasa tidak menjadikan kita lemes untuk membaca Alquran, justru malah akan makin semangat.

Ganbatte!

  1. dimas says:

    ganbatte pak!!
    surat cinta yang begitu sempurna..

  2. dadang says:

    SETUJU /””’ SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site