Hadits-hadits terkait dengan puasa (1429 – 2)

الصلوات الخمس , والجمعة ٳلى١لججمعة ، ورمضان ٳلى رمضان 

مكفرة لما بينهن ، ٳذا اجتنبت الكبا ىٔر

Sholat yang lima (waktu), dari (sholat) jum’at satu ke jum’at (berikutnya), dari ramadhan ke ramadhan berikutnya, akan menghapuskan (dosa) di antara keduanya, selema mereka meninggalkan Al Kabaair (dosa besar) – HR Muslim dalam bab Thaharah

Bisa dibayangkan kan? Betapa mudahnya Allah SWT menghapuskan dosa kita. Cukup dengan sholat lima waktu sehari, kemudian sholat jum’at, dan menjalankan romadhon. Maka dosa-dosa kecil yang menyertai kita setiap hari akan terhapus, wiped completely. Dengan satu syarat, bukan termasuk dosa besar (membunuh, berzina, durhaka kepada orang tua, dan musyrik).

Kalau kita hitung-hitung kembali, “investasi” ibadah kita yang “sangat kecil” itu ternyata memberikan manfaat yang besar yang jauh dari perkiraan kita. Siapa sih di antara kita yang tidak pernah salah? Semuanya pasti pernah melakukan dosa ma’shiyat, yang menjadikan kita ternodai noktah hitam di hati kita. Akan tetapi, dengan keMaha Pengampunnya Dia Allah ‘azza wa jalla, semua itu dianggap tidak pernah terjadi.

Lalu, kenapa masih banyak di antara kita yang enggan dengan perkara-perkara ringan ini? Menjalankannya masih dengan setengah hati, tidak khusyu’, sementara balasan yang diberikan, sangat jauh luar biasa.

Kalau anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site