Perokok [Indonesia] adalah orang buta huruf

Pernahkah anda melihat gambar seperti di bawah ini?

image image

Saya yakin semuanya pernah melihat tanda atau tulisan seperti gambar-gambar yang saya muat di sini.

Dengan cukup besar dan jelas, ada tanda dilarang merokok. Namun apa lacur, di Indonesia, walaupun sudah jelas ada tanda seperti di atas, nampaknya masih saja dilanggar oleh banyak perokok di Indonesia.

Cobalah anda tengok di Ruang Tunggu Bandara Sukarno Hatta (yang ada di dalam). Sudah jelas di sana ruang berAC, kemudian ada tanda dilarang merokok di mana-mana, dan beberapa meter di dekat pintu ruang tinggu sekali lagi dipasang tanda dilarang merokok. Tapi yang bikin uaneh bin uajaib, justru para perokok merokok di sekitar tanda larangan tersebut. Dan wajah mereka tiada sama sekali menunjukkan rasa bersalah.

Pekan lalu, ketika saya makan di salah satu rumah makan franchise dengan kawan saya, keajadiannya pun sama. Jelas di dalam restoran adalah berAC, ya masih saja nekat merokok. Padahal di belakang si perokok tersebut, tertera tanda dilarang merokok.

Di kampus di mana saya mengajar juga setali tiga uang. Para mahasiswa perokok pun seperti sudah kehilangan urat malu dan urat bacanya kali, merokok di bawah tanda dilarang merokok. Dari seluruh kampus universitas yang pernah saya kunjungi di Indonesia ini, hanya ada satu kampus yang benar-benar bebas rokok, yakni di Universitas Advent Indonesia. Selebihnya? Jangan harap!!!

Karena itulah saya berani menyimpulkan, bahwa banyak sekali perokok Indonesia yang mengalami “kebutaan huruf” dan “kebutaan tanda” sesaat, atau mata mereka sudah dibutakan (bahasa jawanya : DADI PICEK!!! – maaf kalau bahasanya terlalu kasar) ketika mereka merokok. Benar-benar stupid, sudah tahu ada tanda dilarang merokok, sudah tahu mereka berada di ruang berAC, tapi tanpa malu-malu pasang aksi dengan merokok. Memang merokok membikin anda para perokok jadi jago gitu? Benar-benar semprul kok orang-orang yang merokok sembarang tempat, tidak mengindahkan larangan dan hak orang lain mendapatkan udara yang sehat.

Buat para wanita yang hendak menikah dengan calon suami perokok, sebelum anda memutuskan menikah dengan mereka, tes dulu ketahanan mental anda dengan mencium asbak yang habis dipenuhi abu rokok. Cium dulu dalam-dalam, kira-kira begitulah rasanya bibir para perokok … he…he…

Jadi masih ada yang menganggap perokok itu pintar? Nyatanya ndak gitu kok, pada buta huruf semua (untuk mengatakan buanyak sekali, alias sebagian besar), karena ndak ada yang bisa membaca tanda dengan baik. ROKOK = MARAI BODO [Bikin bodoh]

image

Images are courtesy of:

  1. http://lovecreative.typepad.com/love/images/2007/06/20/nosmoking.png
  2. http://flickr.com/photos/70604526@N00/2132161232/
  3. http://galih666.blogspot.com/

  1. Albert says:

    Kalo cuma sekedar ‘buta huruf sesaat’ mah banyak Ndri. Rambu dilarang belok dilanggar, lampu merah dilanggar. Tanda ‘dilarang kencing (maaf) di sini’ baunya pesing. Di stasiun di bawah tanda calo dilarang masuk malah ditawari tiket sama calo. Di kertas soal ujian kuliah dilarang mencontek malah nglirik kerjaan temen sebelah. Dst….

  2. dimas says:

    wah.. merokok itu membuat bodoh.. benar itu pak,
    karena merokok tidak ada bedanya dengan narkoba, merusak jaringan saraf dengan nikotin, merusak paru2, mgkn para perokok gak tau kalau paru2 perokok itu hitam menjijikkan..
    dikampus UII tercinta pun seperti itu, seharusnya tulisannya di ganti pak “kalau masi punya malu, jangan merokok disini”..
    perokok harus di keras, karena telinga mereka pun sudah keres

  3. Donny Reza says:

    Bukan cuma buta huruf, tapi jga paling tolol …

    Bikin gerakan blogger anti-rokok yuk? 😀 Udah ada sih kayaknya…

  4. dimas says:

    ayok bikin, tapi dengan kata2 yang menyentil keras, biar yang baca mengerti maksud dari gerakan anti rokok,hehe
    paling tolol? gak kog, yang bener super paling sangat tolol sekali.. hehehe

    bener2 egois yah orang perokok itu, benernya muka tembok, gak ada malunya, bibir dah seperti knalpot aja

  5. Donny Reza says:

    @dimas,
    huehehe, lebih parah…

    heran juga, yang nggak ngerokok dipaksa memahami mereka yang merokok kalau rokok diharamkan. Lha, selama ini, apa mereka nggak paham kalau kita nggak suka ada rokok? Udah pada putus kali sarafnya, gara-gara rokok… :p

  6. qomari says:

    kalau menyadarkan orang merokok, lebih baik mengingatkan dengan mengkaitkan dengan kesehatan. Yaitu paru-paru yang seharusnya diisi dengan oksigen yang berguna untuk menciptakan energi. la kok diisi dengan asap itu kan membahayakan kesehatan kita, yang terkait dengan paru-paru kita

  7. YoHang says:

    Alhamdulillah saya berada di keluarga yang bukan perokok…

  8. alhakim says:

    perokok memang orang egois. di tempat bis kota yang notabene padat orangnya .. eh dianya tetep merokok seenaknya sendiri. Apa tidak bisa menunggu di tempat terbuka

    Bukannya mereka tidak bisa baca mas andri, tapi salah satu sifat orang indo (nggak semuanya) ya… kayak begitu kalau ada larangan mereka malah melanggar. kayak di larang buang sampah sembarangan … malah banyak yang buang sampah sembarangan

  9. kodhim says:

    pekan lalu di bali maksute? kae sing kurang apik tanda dilarang merokok nya ternyata jam dinding to? wah jan payah juga…

  10. Phoenix says:

    Benci rokok juga ya? Sama. Saya paling BENCI dengan yang namanya PEROKOK! Saking bencinya, saya sampai berpikir untuk mencolok hidung mereka dengan rokok yang menyala! Ga habis pikir.. Apa enaknya memasukkan asap ke dalam paru2 lalu dikeluarkan lagi? Payah Deh…

  11. Kezia says:

    q jga benci pisan sama orang yang suka ngerokok apa lagi klo ada orang ngerokok di dpan q ih baunya n asepnya bikin batuk taw.. hehe

  12. dedy says:

    iya….gw juga sepakat kalo roko itu ga baik u kesehatan,terlebih u orang lain….tp kalo pabrik roko dibubarin,..kasihan atuh pengangguran tambah banyakbanget…..

  13. aku says:

    emmmhhhh ni dosen omongannya kaya gini, gimana siswanya? urusan orang lain di urusin, kaya sendiri udah suci.

    btw yang ada itu marlboro, bukan maraibodo. jaddi yang bodoh super paling sangat tolol sekali ittu siappaa?

    trus yang buta huruf tu’ siappa?

    gitu aja koq repott….

    so make” cisco lagi. jadi situ bangga ada label cisco?

  14. @Aku: alhamdulillah, semoga Ramadhan ini memberikan berkah, semoga dosa saya terkurangi. Kalau urusan mencegah kepada yang buruk ndak ada yang ngurusi, lebih kebayang lagi ndak mas?

    tidak ada manusia yang suci, kalau ada namanya malaikat. kalau yang boleh bicara kebaikan hanya yang suci, niscaya di muka bumi ini tidak akan pernah ada orang yang mengajak kepada kebaikan.

    yang bilang ada rokok merek maraibodo siapa? yang ada kan rokok = marai bodo 😉

    kalau bangga, emang kenapa? 😀

    Semoga Allah memberkahi anda dengan diberikan petunjuk jalan yang baik di bulan Ramadhan ini, lagi pula anda emailnya palsu, ciri-ciri provokator, tidak mau nampak belang buruknya :)

  15. […] public links >> huruf Perokok [Indonesia] adalah orang buta huruf Saved by mshook on Tue 14-10-2008 Bebas Chatting Lewat Ponsel Saved by weballergy on Sun […]

  16. Perokok says:

    Semoga Tuhan memberi petunjuk kepada orang-orang yang suka membenci perokok. Sebab mereka itu buta hati, buta akal, dan buta fenomena. Para Anti Rokok adalah orang-orang yang egois yang tak pernah mengerti kondisi sosial dan negara. Mereka hanya bisa berkeluh kesah, marah-marah, dan tidak bisa memberi solusi.

  17. Doel says:

    Hai kawan-kawan penghujat golonganku “para perokok”…….
    Kalian ini memang kudis semua,….bisanya main hakim sendiri, sok sopan, sok suci,….tukang menghujat,….
    Kenapa perokok musti didiskreditkan, disunat hak-haknya di layanan publik,..perokok juga udah bayar airport-tax, kenapa cuma di kasih ruangan kecil di pojok ruang tunggu? Merokok di ruang AC? apa hubungannya? takut ACnya rusak? salahnya yang bikin AC itu, buatlah AC yang bisa bersihkan asap rokok….emang sehat apa udara keluaran AC?…Kalau gak suka bau asap rokok ya tahan napas, RA SAH AMBEGAN,…ben mati sisan……
    Sorry kalau kasar,..ni kan cuma ngerespon kekasaran kalian….dari topiknya aja udah gak relevan,…perokok adalah orang buta huruf…?..Kamu yang buta huruf…Namanya juga tempat umum….salahnya yang pasang tanda larangan itu….

  18. rasyid says:

    OK kita garus bersemangat dalam memberantas rokok, salah satunya dari blog

  19. Yayak says:

    Saya tahu bahwa rokok itu tidak baik. Saya juga usahakan untuk merokok di luar gedung. Karena smoking areanya tidak manusiawi.

    Tapi jangan men’judge’ seseorang karena ia perokok.

  20. Roni says:

    Merokok bukan sebagian dari iman, jadi ya gak terlalu berkaitan lah heheheheh

  21. Andre says:

    gak bisa menyalahkan perokok juga donk..

    toh kalau kita gak membeli rokok, negara bangkrut loh.. Paling banyak pemasukkan dan membantu event2 di negara adalah perusahaan perokok.. Jangan menjudge semua perokok akan merokok di tempat yang dilarang..

    Saya sebisa mungkin kalau merokok pun di area yang memang banyak orang merokok dan tidak dilarang..

    Kalau dilarang ya nurut..

    Jadi jangan menjudge perokok itu tidak benar dan buta huruf karena dia merokok…

    No offense 😀

  22. Ganyang Rokok says:

    rokok adalah lintingan kertas dan tembakau dengan bara api di salah satu ujungnya dan manusia super tolol di ujung lainnya

  23. yangnulislebih tolol says:

    kalo perokok itu tolol, bodoh, goblok, maka presiden soekarno, Moh Hatta, jendral sudirman dan para pejuang kemerdekaan juga goblok, tolol, bodoh. karena saat itu 99% pemuda adalah perokok, hanya penjajah saja yang tidak merokok, jadi anda dan teman anda yang tidak merokok adalah antek2 penjajah, :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site