Garuda, GA255 …. Cancelled!

DSC_9237

Hari sabtu kemarin, rencananya saya hendak pulang dari acaranya CISCO di Bali, kembali ke Jogja dengan menggunakan Garuda nomor penerbangan GA 255 jam 19.55 WITA.

Sudah sampai bandara sekitar jam 5 sore, setelah sebelumnya berbelanja oleh-oleh. Sempat waktu di bandara, oleh-oleh saya nyaris “hilang” karena keteledoran saya ..he…he.. tertinggal di bagian security check yang pertama sebelum check in.

Ketemu di sana dengan kawan lama di SMA, yang sekarang kerja di Sudan yang sedang berlibur dengan istrinya yang juga teman SMA saya. Ngobrol-ngobrol, kemudian setelah maghrib jam 7 WITA, kita naik ke atas untuk menunggu boarding pesawat.

Pukul 19.40 WITA, ada pengumuman dari bandara, Garuda ke Jogja ditunda sampai dengan jam 20.20 WITA. Ya sudah, cuma delay setengah jam, kita kembali menunggu. Nah, jam 20.15 WITA ada pengunguman lagi. Kali ini pengumumannya bikin ‘kaget’, penerbangan dibatalkan karena alasan teknis. Wadaw, rencana pulang sabtu malam jadi gagal. Katanya ada sistem hidrolik roda kanan dari pesawat yang error.

Tentu saja penumpang rada-rada menggerutu. Ini adalah pengalaman saya pertama kali mengalami peristiwa pembatalan, setelah sebelum-sebelumnya cuma delay saja. Tapi yang pasti, tidak seperti di berita-berita yang pernah saya baca, pada saat pembatalan-pembatalan jadwal pesawat, tidak ada penumpang yang ESMOSI ketika ada kabar pembatalan. Satu hal yang saya perhatikan kenapa tidak banyak yang emosi, karena Garuda langsung mengumumkan pembatalan tidak lama setelah diketahui ada problem teknis dan langsung diumumkan penumpang akan diinapkan di hotel.

Berbeda dengan maskapai lain, yang sering “menelantarkan” para penumpangnya tanpa kejelasan yang pasti apakah delay ataukah dibatalkan, karena penumpang sudah dapat kejelasan sejak awal (dan tentu saja kita ndak mau lah terbang dengan pesawat yang error), dan Garuda cukup bertanggung jawab dengan akomodasi para penumpang, dimana kita diinapkan di hotel yang bagus, meski setahu saya, di bali pada pekan kemarin, sangat susah mendapatkan kamar di hotel berbintang karena sebagian besar sudah fully booked. Saya sendiri diinapkan di Bali Beach Resort yang berada di dekat pantai Sanur. Sempat juga sih nyaris tidak dapat hotel karena sebelumnya kita dijatah di Radisson (Sanur Paradise Hotel), tapi ternyata tidak ada konfirmasi dari Garuda ke Radisson, tapi akhirnya kita bisa menginap di Bali Beach Hotel.

Jam 6.00 WITA keesokan harinya kita diterbangkan dengan pesawat pengganti, paling tidak ada jaminan “keamanan” lah, karena kita tidak diterbangkan dengan pesawat yang mengalami Error di malam harinya, meski katanya problem sudah diperbaiki. Alhamdulillah, perjalanan kemudian lancar, 1 jam kemudian jam 6.00 pagi WIB, saya sampai di Jogja.

Setidaknya ada pengalaman baru, merasakan bagaimana yang namanya penerbangan dibatalkan, tidak enak memang, tapi kita bisa memaklumi, asal maskapai bertanggung jawab, tidak terlalu masalah lah.

  1. Wahyudi says:

    Lha mbok dishare acara Cisconya ngapain…

  2. Aris P says:

    Loh Mas,

    Sidone wingi pesawate di Cancel to?

    Terus kemarin jadi ke Sukowati atau ke Erlangga?

    Sorry kalau fotonya pas parasailing di Tanjung Benoa ga jelas, maklum bukan fotografer 😀

  3. Affandy says:

    He..he.. Kemarin saya jelous ama temem2 yogya yang dapet garuda dengan tiket murah…(katanya lagi ada promo) wah ternyata promo diperpanjang ya… sampai diinapkan segala :)
    But Hebat lah ndak ada yang emosi… berarti sebenarnya kita tuh bukan tipikal bangsa yang destruktif. kita jadi sedemikian kasar gara-gara yang mustinya me-manage kita malah manage diri sendiri…
    Nice trip…

  4. @Wahyudi: ya kapan-kapan 😉

    @Aris P: iya jadinya dicancel, tapi ndak papa lah, soale pulangnya pun kita jam 6 WITA esoknya kok. masalah foto ..he..he.. tak maklumi.. 😀 tapi ada juga yang hasilnya bagus kok :mrgreen:

    @Affandy: ya jelas ndak ada yang emosi, lha sekian menit pesawat error ndak bisa diperbaiki, langsung diinepin ke hotel, rata2 bintang 4-5 😀 he..he.. ini pak Affandy yang dapat doorprize ya? selamat deh

  5. dimas says:

    iya mas andri.. critain cisconya ngapain aja :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site