WordPress 2.6 is Out

Tadi malam, pulang dari pengajian, ngecek blog bentar, eh ada sesuatu yang baru. WordPress 2.6 sudah keluar. Tanpa ba bi bu tentu saja, saya langsung upgrade dua buah blog kesayangan saya. Satu photo blog, dua blog ini.

Biar cepet tentu saja, pake WPAU, yang pertama sukses dan lancar, upgrade photo blog cuma butuh waktu kurang dari satu menit saja. Nah giliran blog ini yang dipugrade, ternyata oh ternyata … Error. Waduh, belum pernah kualami selama menggunakan WPAU terjadi Error. Entah kenapa tadi malam tiba-tiba Error. Akibatnya, kurang lebih selama satu jam, harus memperbaiki ulang semua setting blog.

Saat blog ini diakses tadi malam, isinya cuma error semua. Akhirnya daripada pusing-pusing mikirin cara ngembalikannya, folder blog direname menjadi folder lain, kemudian install wordpress baru yang versi 2.6 di folder blog ini. Setting dikit, blognya running. Langkah kedua, semua database yang dipake di blog sebelumnya diekspor. Biar sukses impor semua data-datanya, di database yang baru, semua data kita hapus dulu. Sehingga jika ada data yang bersifat kunci (primary key), tidak terjadi error saat harus diimpor.

Setelah semua konten database dihapus, impor deh itu tabel lama ke tabel baru. Jreeng … blog up kembali. Selesaikah? Belum ..he..he… Satu tugas lagi tersisa, memindah isi konten dari folder wp-contents lama ke folder yang baru tadi (tempat blog ini berada). Alhamdulillah, proses selesai.

Karena tadi malam sibuk perbaiki blog, trus langsung tidur, malah belum sempat baca-baca, apa sih yang baru dari wordpress 2.6. Dulu pernah baca sneakpeaknya, tapi berdasar informasi yang dirilis beberapa di antaranya:

  • Post Revisions, seperti di Wikipedia. Jika pernah make Wikipedia (MediaWiki), kita bisa melakukan pelacakan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada sebuah artikel. yang ini sangat bermanfaat kalau penulis blog lebih dari satu.
  • Press This! Fitur yang keren, memungkinkan kita untuk ngeBlog dari manapun.
  • Theme Preview, fitur yang tadinya hanya ada di pengguna wordpress.com kini dapat diperoleh pula bagi self hosted blog.
  • Peningkatan image control, dan pemberian caption pada image
  • Mendukung SSL, yang memungkinkan kita login menggunakan HTTPS di halaman admin
  • Avatar di komentar blog kita, seperti di WordPress 2.5 tapi lebih baik lagi penanganannya, karena kita bisa memilih gambar default pengguna yang belum punya avatar
  • dan masih banyak lagi lainnya

Jadi? Segera upgrade saja lah … :mrgreen:

  1. YoHang says:

    Alhamdulillah blog saya terupdate otomatis dengan selamat… :)

  2. tengkyu infonya mas, terakhir coba yang 2.5 buat projek, image captionnya masih pake plugin 😀

  3. Tri oktafian says:

    Malam mas,

    Salam kenal,
    Setelah membaca artikel nya tentang wordpress, jadi pingin lebih tahu apa itu wordpress,
    Saya pake blogger, tolong donk posting kan step2 cara buat blog di wordpress dari dasar,

    Makasih sebelumnya,

  4. @Tri oktafian: coba saja buka website kawan saya (mas purwedi) di http://wp.mimpikami.com di sana cukup banyak tutorial wordpressnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site