Ubuntu, Sekali lagi

Screenshot-ubuntu Beberapa kawan sering bertanya, bagaimana sih menggunakan UBUNTU itu? Aplikasi-aplikasinya jalan ndak ntar?

Ada pula yang bertanya, bisa ndak jalanin Photoshop? Trus MS Officenya gimana? dan seterusnya. Pertanyaan yang wajar, mengingat sebagian besar dari mereka, sebagaimana saya dulu, adalah pengguna setia Microsoft.

Saya sendiri beranjak menjadi pengguna Ubuntu 90% (maksudnya sebagian besar waktu ada di Ubuntu) belum lama. Karena sebelumnya ya bagi-bagi lah, kadang di Windows kadang di Linux. Tapi berhubung saya ganti laptop, dan laptop yang baru preinstalled dengan Vista, dan saya sama sekali tidak menyukai Vista, maka kini, hampir sepanjang waktu berLaptop ria saya lebih banyak bekerja dengan Ubuntu.

Seorang desainer grafis pernah bertanya, bisa jalan ndak photoshop? Corel Draw? Saya jawab: bisa. Saya pernah menginstall Photoshop CS2 di ubuntu saya, dan jalan dengan sukses. begitu juga dengan Corel Draw, waluapun belum bisa yang versi X3, tapi versi-versi sebelumnya cukup baik berjalan di atas Linux (tentu saja semua dengan bantuan Wine: Wine is Not Emulator).

Bicara masalah eyecandy, seperti di Vista dengan Aeronya, atau tampilan MacOS yang eye-ctaching, maka Ubuntu pun juga tidak bakal kalah. Dengan dukungan compiz, tampilan Ubuntu saya makin "berasa", Screenshot-ubuntu2 dan bisa dipakai buat main-main lebih banyak. Kalau mau bersaing, saya bahkan berani ngasih skor lebih tinggi untuk permainan grafis antara Ubuntu dibandingkan dengan Vista.

Ubuntu juga bisa dipercantik dengan Screenlets yang memungkinkan kita menampilkan Jam Cairo ala MAC, kemudian indikator-indikator PC kita, indikator cuaca kota kita, RSS feed, dan lain sebagainya. 

Saat ini saya memang masih dalam proses "meracuni" banyak orang agar mau berpindah ke Ubuntu. Selain lebih cepat (ketimbang Vista), perkembangan yang luar biasa, plus dukungan LTS (Long Term Support), menjadikan Sistem Operasi ini sangat menjajikan di masa depan.

Jadi, mau bermigrasi ke Ubuntu? :mrgreen:

  1. nico says:

    setidaknya belum migrasi ke vista:D

  2. bachtiar says:

    saya juga udah menggunakan ubuntu . kok

  3. ace says:

    setuju banget tuh..
    makasih ya buat racunnya..

  4. alhakim says:

    masih setia ama PClinuxOS 2007 … maklum nubie 😉
    btw, penggunaan wine butuh memory gedhe nggak?

  5. Yap tul, saja juga sudah menggunakan HH di server saya, tapi untuk lappie saya blom.. kalo HH support dengan Intel GMA gak ya?

  6. Aris Muda says:

    Saya sudah keracunan ubuntu nechhh mas andry.
    Ubuntu pokok nya sip dibandingin vista yang berat banget

  7. Mbahe says:

    Saya mudeng seser bab ubuntu. Pernah ikut operasi ubuntu juga, maksud saya usus buntu.. 😉

  8. AlfanLA says:

    Tertarik juga sm ubuntu yg satu ini…. wadow… “Racun Mode ON” 😀
    Pak, mo nanya… Itu themes yg dipake install sendiri ya? Bukan bawaan Ubuntunya… aku dah donlot ubuntu nih… tp sebelum install dikompie beneran, ngetes install di vmware… tp koq theme yg kyk gitu ga da… jg efek yg kyk win vista blm da? memang defaultnya belum terinstall yak? 😀

  9. YoHang says:

    Tapi satu yang bikin saya mikir2 untuk 100% Ubuntu: boros batere. Laptop saya jadi 50% lebih boros batere ketika switch ke Ubuntu. Itu karena compiznya full effect juga. 😀

  10. hanafi says:

    wah, mas Andri jadi ubuntu evangelist :)

  11. pebri says:

    OOOOOOoi setuju aq kalok ubuntu the best, aq juga sekarang gi semangat2nya utak-atik ubuntu, padahal q dulu sempat nyerah pas kompi q ga ndetect vga nya,smpat sdih juga, tapi skrang dah gandeng 100% COMPIZFUSIONnya perfect abiiss, aero na vista cemeeeeeenn! Tapi yang kurang dari ubuntu game2nya, kalah jauh ma xp yang suuport banyak game,– Tapi tetep top abizz,- Aku juga merekomendasikan kalo orang-orang seluruh INDONESIA migrasi ke linux, Byar ga usah was2 lagi ma razia OS

  12. salim says:

    gw kolektor ubuntu nih, cari ubuntu untuk 2030 ada programer yang ahli tuk bikin ubuntu termaju ga

  13. erry says:

    laptopq dell vostro, aku baru pake ubuntu tapi pas saya mau install drivernya dell n printer koq ga terbaca ya ?? bls ya… thks

  14. danial says:

    saya juga sudah mengunakan ubuntu, meskipun ada kurangnya tapi untuk pekerjaan sekolah bisa lebih cepat, dari pada vista harus nunggu 5menitan lagi jalan wah lemotnya

  15. uby says:

    ubuntu….
    sekali kena langsung ketagihan

  16. deri ceket fiyatları sekali kena langsung ketagihan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site