Microsoft Steady State ala ‘Deep Freeze’

Software ini biasanya banyak dipergunakan di warnet, laboratorium di kampus, dan tempat-tempat lain yang biasa dipergunakan untuk akses bersama, barangkali anda pernah pula menggunakannya, Deep Freeze. Prinsipnya apapun yang terjadi di OS Windows, baik install program, kena virus, kena spyware dan kawan-kawannya, ketika komputer diReboot, maka semua kembali ke kondisi semula.

Nah, berhubung ini di Indonesia, tentu saja pengguna bajakannya pun juga banyak. Adakah alternatif lain yang bukan bajakan? Eh, ternyata ada, bahkan dari Microsoftnya sendiri (dengan syarat Windows-nya asli/genuine), yakni Microsoft Steady State. Setelah saya baca-baca forum-forum, ternyata softwarenya sudah muncul lama (gak gaul ternyata saya), dan yang jelas sudah support vista.

Meski saya sendiri saat ini jarang menggunakan Microsoft Windows Vista yang memang preinstalled di laptop, dan lebih banyak menggunakan Ubuntu 8.04 dalam menjalankan pekerjaan saya, terkadang saya juga masih menggunakan Windowsnya, dan seperti biasa, kadang masih suka iseng install ini install itu di OS Windows. Khawatir juga kena spyware dan konco-konconya, (dan terutama biar shareware [yang 30 hari mati tuh] yang pernah diinstall, bisa diinstall berulang-ulang) pinginnya sih diinstall deep freeze. Tapi berhubung saya ndak punya yang genuine, coba cari alternatif lain, malah ketemunya Microsoft Steady State, yang juga bisa menjalankan fungsi bak Deep Freeze. Software ini disediakan secara gratis oleh Microsoft, dan tentu saja as usual diperuntukkan bagi yang OSnya asli alias genuine. Berhubung laptop saya OS Windowsnya asli, ya sudah tinggal install.

Ada beberapa fitur yang didukung oleh Steady State ini, satu seperti Deep Freeze tadi, dua yakni User restriction, yakni membatasi user pada fitur-fitur tertentu, dan beberapa fitur lain yang bisa dibaca di sini. Jika anda ingin mendownloadnya, dapat mengikuti link berikut

Windows SteadyState 2.5 (direct link)
Windows SteadyState 2.5 (Validation Required)

Selamat mencoba!

  1. husni says:

    Wah ini dia yang saya cari cari…

    thanks pak atas direct linknya :)

  2. Hedwig™ says:

    Steady State… kayak merek taksi aja ya he he he

  3. infoGue says:

    artikel anda ada di:
    http://microsoft.infogue.com
    http://microsoft.infogue.com/microsoft_steady_state_ala_deep_freeze_

    anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  4. Taufani says:

    Pak trims yaaa atas informasinya pak kunjungi web site aq yaa

  5. infini3 says:

    Pak, tolong posting tutorialnya dong.

  6. DIdik says:

    Thank berat atas infonya……….

  7. zet says:

    makasih banget bosss… akhirnya bisa legal sepenuhnya nih…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site