Akses Internet Cepat untuk si Fakir Bandwidth

Di sebagian tempat di Indonesia, akses Internet cepat masih merupakan “mimpi” dan sekedar menjadi angan-angan. Terkadang kita sampai jengkel ketika harus mengakses website yang lambatnya minta ampun.

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mengakali kendala-kendala internet yang lambat. Misal menggunakan accelerator berbayar (yang setahu saya ada beberapa – banyak ??? – orang menggunakan software accelerator yang sudah dicrack, seperti OnSpeed semisal), atau bagi pelanggan Indosat, bisa juga menggunakan accelerator yang bisa didownload dari website Indosat, atau menggunakan konsep tunnelling ke server lokal yang punya bandwidth jauh lebih besar untuk kemudian dibuka dari jaringan kita yang lambat, dan masih banyak lagi cara lainnya.

Akan tetapi dari semua cara-cara tadi, biasanya membutuhkan sedikit skill teknis, minimal harus install software, untuk dapat mempergunakan layanan-layanan tersebut. Beberapa kali pula saya “harus” merasa menderita dengan koneksi yang lemot, terutama saat siang hari dimana pengguna Internet di kampus bejibun jumlahnya.

Nah untuk mengakali kondisi tersebut, saya mempergunakan layanan dari google untuk “mengakali” kelambatan akses dari situs-situs yang saya inginkan. Dengan menggunakan modus google mobile (dimana google diakses dengan versi mobile yang biasa terbuka di HP/PDA/Handheld devices), website-website yang semula sulit diakses karena konten yang didownload banyak sekali (image, CSS, JavaScript, HTML, dll), semua konten tersebut akan dialihkan oleh Google via dia, termasuk gambar-gambar akan dicache oleh Google. Nah berhubung google biasanya relatif lebih cepat diakses ketimbang website lain, biasanya situs-situs yang tadinya lama sekali pengaksesannya pun akan semakin cepat diakses oleh kita.

Akan tetapi perlu diingat, karena ini adalah versi mobile, maka semua tampilan nan indah akan distripped-down, tapi buat saya tidak terlalu masalah, lha yang dibutuhkan cuma informasi-informasi dari Internet kok, bukan seberapa indah tampilannya.

Oh iya, jadi lupa. Lantas gimana cara bukanya via google? Ketik URL berikut http://www.google.co.id/gwt/n?u=[alamat URL yang hendak dibuka], sebagai contoh http://www.google.co.id/gwt/n?u=http://www.cnn.com

Selamat mencoba !

  1. arwan says:

    pembela wong cilik (baca: orang miskin bandwith)

  2. dyan says:

    Pak, mau nanya nih reponya Ubuntu 8, yang buat amd64 ada perbedaan sama repo yang bisa ga? terus bisa gak kalo pake reponya Gutsy Gibbon, cuma buat ambil file2nya aja, kayak compiz manager, VGA(Nvidia glx-new, sama ndiswrapper 9(buat wifi,Atheros)?

  3. nico says:

    m.friendster.com juga ga mas?:D

  4. Ariel says:

    bagus nih, aplicable banget, saya salin di blog saya boleh ga mas?

  5. alhakim says:

    Kalau webnya pakai javascript bisa di akses nggay y?

  6. dimas says:

    itukan sama kayak mem-bypass proxy….gak selamanya bisa cepet karena servernya mungkin gak indonesia.

    Tapi pengalaman saya, memang cepet sih dan bisa digunakan untuk membuka website yang diblok sama server di indonesia (salah satu caranya)…..

  7. erd says:

    thanks bgt mas.. ada yg lebih rinci nga??
    http://abcarea.com

  8. dee says:

    kalo saya biasanya buka yang versi wapnya. contoh wap.yahoo.com bisa lebih cepat untuk baca email.

  9. fRiSCa. . . . says:

    wuuUihhhh….kYEnzzzz…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site