Akses GMAIL yang cepat

Berhubung banyak yang ‘tersesat’ ke blog ini gara-gara mencari dengan kata kunci ‘gmail’ di search engine, saya tambahkan sekalian saja beberapa cara saya untuk memaksimalkan penggunaan gmail.

Salah satunya adalah akses GMAIL yang ‘super’ cepat. Gmail memang mantap, memiliki Anti SPAM yang bagus, kemudian layanan filter dan archive yang sangat membantu saya mengatur lalu lintas email di mailbox. Hanya saja ada satu kendala yang kadang bikin orang males menggunakan gmailnya sebagai layanan email, yakni kebutuhan bandwidth yang relatif agak ‘tinggi’, terutama jika kita menginginkan yang “full version” berbasis AJAX.

Untungnya sekarang gmail telah memberikan alternatif interface bagi yang memiliki koneksi dengan kecepatan rendah, akan tetapi terkadang yang ini bagi sebagian kalangan masih dirasa lambat, terutama jika mengakses di siang hari. Terus solusinya bagaimana agar akses gmail tetap dapat diakses dengan cepat?

Gmail mobile version Kalau saya, untuk kondisi dimana bandwidth benar-benar dalam kondisi dicekik dan terbatas, saya akan berpindah dengan menggunakan gmail berbasis versi mobile.

Dengan mengakses alamat di http://m.gmail.com, maka tampilan Gmail akan berubah menjadi versi mobile, meski kita mengaksesnya dari komputer kita.

Tentu saja karena versi mobile, tampilannya tidak akan selengkap dan sesempurna versi Basic HTML, apalagi versi AJAX. Akan tetapi bagi saya, hal ini sangat terasa bermanfaat terutama ketika harus berhadapan dengan bandwidth sisa-sisa karena kalau siang hari yang menggunakan Internet biasanya banyak.

Saat membuka email, ataupun membalas email, dengan menggunakan versi mobile, terasa lebih cepat. Satu catatan, jika kita membuka link/URL dari email, Gmail akan langsung menyesuaikan kontennya dan diformat agar terbaca seperti saat kita membaca dari HP/PDA. Jika anda terkoneksi ke internet dengan modem GPRS/3G/3.5G yang berbasis paket volume based, maka pilihan untuk membuka gmail dengan modus mobile perlu dipertimbangkan, walaupun kita membukanya melalui PC, mengingat bandwidth terpakai jauh lebih kecil ketimbang versi HTML/AJAX.

Semoga bermanfaat !

  1. YoHang says:

    PERTAMAAAX!!!! 😀
    Baru tahu saya

  2. jamal harun says:

    akses yg lebih cepat dari yg sekrg khusus buat saya

  3. Masrufin says:

    Kasih tau ana ya..

  4. Mr fachrony says:

    Jka hti brsih bhagialh dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site