Mempertahankan Bahasa Inggris (dalam tutur)

Meski baru pulang beberapa bulan saja, tapi karena sekarang, sangat jarang sekali kesempatan untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dalam keseharian, sempat juga saya merasakan “kemunduran” dalam daily conversation.

Akhirnya bahasa Inggris hanya sekedar menjadi bahasa literatur, dan bahasa film, hanya dipakai saat membaca buku, dan menonton film, untuk yang satu ini, saya masih mempertahankan melihat film/streaming dari internet yang tentu saja film-filmnya tanpa caption bahasa Indonesia. Sementara itu, bahasa Inggris yang dipergunakan sebagai bahasa tutur menjadi sangat kurang sekali, intensitas sangat rendah, paling beberapa kali kesempatan ketika menerima telpon dari luar negri saja yang membuat saya benar-benar berbincang dan bercakap dalam bahasa Inggris.

Karena itu, mau tidak mau saya butuh usaha agar bahasa tutur Inggris saya tidak hilang, meski kesempatan untuk berbincang dengan para native menjadi sangat sedikit, saya tetap berusaha agar penguasaan bahasa yang telah ditingkatkan dengan baik sebelumnya tidak menjadi hilang begitu saja. Caranya bagaimana? Dengan monolog. Ya, saya melakukan bak seorang aktor di depan panggung ketika bercakap-cakap untuk dirinya sendiri.

Biasanya, monolog ini saya lakukan ketika saya naik motor dalam perjalanan, atau kalau pas lagi nyopir mobil sendirian. Ya iyalah, kalau ada yang diboncengin, atau di mobil ada beberapa orang, jadi ndak lucu kalau mau monolog. Ketika saya naik motor sendirian, biasanya saya akan berpura-pura sedang bercakap-cakap dengan orang lain. Saya membayangkan dalam posisi sedang bertanya ataupun sedang ditanya. Lebih banyak sih saya membayangkan dalam posisi sedang ditanya sehingga menjawabnya lebih banyak.

Di sana, saya bermain role play, berpura-pura menjadi orang asing yang menanyakan sesuatu ke saya, tentang berbagai hal. Saya tidak pernah membatasi topik, misal di jalan saya bertemu dengan sesuatu yang menarik, maka saat itu juga saya langsung tanya kepada diri saya sendiri dengan bahasa Inggris, dan tentu saja saya harus menjawab pula dalam bahasa Inggris. Hal ini saya lakukan berulang kali, terus menerus saat berada di perjalanan. Ya, meski tentu saja tidak semua dalam sepanjang perjalanan saya melakukan monolog, capek dong. Cukup 2-3 menit, habis itu berhenti, konsentrasi lagi di jalan, habis itu monolog lagi, sampai akhirnya sampai ke tujuan.

Alhamdulillah, cara ini, setidaknya menurut saya, cukup berhasil. Saya masih dapat merasakan bahwa skill tutur saya tidak hilang begitu saja. Setidaknya dalam dua buah event dimana saya diwawancara dengan menggunakan Bahasa Inggris seperti sekitar dua bulan lalu saat wawancara beasiswa Depkominfo, dan kemarin pagi saat wawancara beasiswa dari dikti. Semua pewawancara ngajak ngobrol dengan bahasa Inggris, overall sih saya merasa confident lah dengan apa yang saya ucapkan, setidaknya mereka faham, dan saya pun tidak tergagap-gagap ketika harus menjelaskan tentang proposal riset, dan lain sebagainya. Tinggal tunggu saja, akhir bulan ini saya mau tes IELTS, semoga saja skor speaking saya naik untuk tes kali ini.

  1. thea says:

    Wow…I’m really impressed on your courage to improve your oral English. I also face similar difficulty on maintaining and improving as well my oral capability. just like you, I am wondering what my speaking score will be in ILETS:). Keep the good work, anyway!!

  2. veta says:

    udah lama gak ngomong inggris :(

  3. Alex says:

    Ass.

    Mo nyambung studi ke LN lagi mas ?

  4. Arwan says:

    Let’s talk.

  5. Aida says:

    Great, I have to follow your way. I USED TO speak English with native daily.I also copy your article and I’ll send to my niece. They were back from Holland 2 years ago. Though they still use in readding & writing as you said, they need to maintain the ir speaking skill. Thank you.

  6. YoHang says:

    Nice information. Thank you. Haha.

  7. koole says:

    ati2 mas andri klo lagi di jalan tetep konsentrasi!
    😀

  8. hehehe…. jadi pengin ke luar negeri. bismillah moga kesempatan itu datang.

  9. phy says:

    lucu juga idenya. 😀

  10. Jaka says:

    Hai, Saya guru bahasa Inggris. Bagi teman-teman yang ingin ngobrol dengan bahasa Inggris silahkan menghubungi saya gratis di no hp 021-99563239. Sekalian melatih percakapan bahasa Inggris kita dan silaturahmi.

  11. pengajaran yang bagus tu mas

  12. mempetahankan bahasa inggris………….. ya. dipelajari…….dipelajari dan dipelajari……….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site