Hardy Heron

Sebenarnya ada problem yang cukup mengganggu kemarin hari Ahad, yakni down-nya DNS server dari blog ini. Sehingga hampir seharian, mulai pagi sampai sore, blog tidak dapat diakses. Meski kalau diakses secara langsung dari IP addressnya masih dapat terbaca dengan baik, akan tetapi, karena DNS Servernya ‘wafat’, ya tetap sama saja di mata pengguna lainnya, blognya tetap saja down. Biasanya kalau ada hal seperti ini, saya tidak segan-segan memindahkan DNS (dan kalau perlu blognya sekalian), ke server backup. Meski membutuhkan waktu, saya biasanya tetap rajin (he..he..), meski harus sampai berpeluh demi teraksesnya kembali blog ini.

Hardy Heron (with Compiz)Akan tetapi, karena hari Ahad kemarin saya memang sudah punya niatan untuk instalasi Hard Heron alias Ubuntu 8.04 yang sudah terdownload pada tanggal 24 malam (s/d 25 dini hari), maka mau ndak mau, DNS server yang down sedikit saya ‘cuekin’ (lagi pula biasanya hari Ahad adalah hari trafik terendah …).

Bicara Hardy Heron adalah bicara ‘geleng-geleng kepala’, meski sebenarnya upgrade ke 8.04 ini tidak jauh berbeda dengan 7.10 (secara tampilan), tapi yang jelas, tak rasain, kecepatan akses Ubuntu kali ini relatif jauh lebih cepat ketimbang pendahulunya. Kemudian yang pasti, semua partisi NTFS, termasuk USB Hard disk eksternal dapat dibaca dan ditulisi (saya kurang tahu apa saya kurang gaul, yang jelas dulu-dulu USB hard disk eksternal saya cuma hanya bisa baca, ndak bisa tulis). Jadinya sekarang kalau mau edit-edit dokumen, terasa sangat nyaman sekali.

Compiz-nya juga masih mempesona, hanya saja saya belum sempat install AWN, sebenarnya sudah berusaha menginstallnya sih, akan tetapi tidak tahu kenapa, selalu saja ada error 403 (Forbidden) saat update aptitutude untuk install AWN dock manager.

Overall, Hardy Heron memang benar-benar ciamik. I recommend you to upgrade your old OS to Hardy Heron!

UPDATE: AWN Berhasil diinstal euy :)

  1. Euh, masih nunggu kiriman dari belande nih … hihi. Donlod nggak sanggup, tapi pengen yang aslinya :)) Kata salah seorang punggawa Ubuntu di Bandung juga Hardy emang lebih cepet ya?

  2. harry says:

    kalau yang 7.10 itu menurutku lambat banget, gak seru :) kalau yang 8.04 belum nyoba

  3. bambang says:

    pAntesan kemaren gag bisa mampir di blognya mas..

  4. YoHang says:

    Ok, saya dah dari dulu pengen nyoba yang namanya ubunTUING ini, tapi gak jadi2. Ribet dobel OS di Vista. Sekarang tinggal nunggu temen download nihh. Semangka! 😀

  5. azhar says:

    Betul disarankan untuk upgrade, soale kalo gak tar gak ada update lagi. Kan GG/FF tar lagi disudahin supportnya.

    Tapi kalo udah pindah ke HH dijamin aman, tiga tahun gak DistUpgrade gak majalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site