Hiatus? Gunakan Timestamp

image

Salah satu kendala terbesar dalam ngeblog adalah kondisi Hiatus. Yakni kondisi terhentinya posting post baru di blog kita. Saya tentu saja sangat sering mengalami kondisi ini. Cita-cita sih selalu ada yang baru setiap hari di blog ini. Sehingga harapannya tidak mengecewakan yang sudah datang ke blog ini untuk melihat sesuatu yang baru, eh ternyata isinya masih sama terus. Bahkan pernah saya hiatus menulis blog selama satu bulan.

Saya sendiri tidak pernah sadar, meski sebenarnya sudah mengetahui salah satu fungsi yang dimiliki oleh WordPress, yakni timestamp. Jika anda menggunakan WordPress, bisa dilihat di menu sebelah kanan dari write post, yang memungkinkan kita mengatur “tanggal terbit” dari posting kita.

Akan sangat bermanfaat, seperti saat kita sedang pergi liburan, seperti saya pada pekan kemarin, pergi dari hari Kamis pulang baru hari Sabtu malam, Ahadnya tepar dan harus jagong manten, akibatnya bisa ditebak, tidak ada sesuatu yang baru di blog ini. Atau terkadang saya dalam satu hari ingin menulis lebih dari satu, cuma saya merasa eman-eman. Setting blog ini akan membuat posting terbaru dalam kondisi utuh dan posting yang lama akan dibuat dalam bentuk summary (excerpt). Khawatirnya kalau update lebih dari satu dalam sehari, membuat posting yang baru berumur sekian jam (atau malah mungkin sekian menit), jadi di posisi summary, sehingga mungkin kurang menarik perhatian yang membaca.

Ya, saya baru sadar setelah tadi lihat-lihat kembali, adanya fungsi timestamp yang memungkinkan kita memberikan tanggal posting kita sekian menit, sekian jam, sekian hari, sekian minggu ke depan. Jadi meski pada hari yang bersangkutan kita tidak posting, tapi masih terkejar lah targetnya untuk posting baru setiap harinya.

Insya Allah, setelah ini kalau pas lagi ada ide banyak, mending diposting sekalian, tapi timestampnya diset besok, atau keesokan harinya lagi, atau lusanya lagi, yang penting ada posting baru. Semoga bermanfaat!

  1. Huehehe, baru nyadar juga saya :))

  2. bank_al says:

    info menarik Ndri, tararengkyu !!!

  3. yudie ardiansyah says:

    Sorry coy ini nggak ada hubungannya dengan info diatas, karena ini posting terbaru ya gw numpang komen disini, ini informasi aja ke temen-temen kalo mauu push email gratis,itu tuh kita nerima email kaya sms kalo ada email masuk hp kita bunyi ngasih tau jadi nggak perlu ngecek lagi, ya saya kasih info kerena ini semua gratis dari gmail, yaitu melalui aplikasi hp yang ersistem operasi symbian yaitu emoze bisa di download di go.emoze.com, saya bukan promosi gmail tapi sebelumnya ada posting yang menjelekkan gmail, menurut saya gmail adalah akun email yang terhebat kenapa 1. karena dia akun gratis 2. dia menyediakan aplikasi push email gratis 3. tidak da biaya berlangganan push email alias gratis, kalo push email yang lain model kaya di blackberry dan telkomsel kita harus berlangganan push email tiap bulan

  4. […] on the Blog Hiatus? Gunakan TimestampSafe Deposit Box: Membeli Rasa AmanGubug Penuh KenanganWhat Is NOCBlog’s reading LevelBukit Tinggi […]

  5. fitur scheduled posting sudah lama saya gunakan. sejak wp versi awal dulu fitur ini sudah ada, kok…

  6. Bondan says:

    Kalau mau hiatus ya hiatus aja Ndro, ra sah ethok2 ono, ini kan blog bukan SKH Kedaulatan Rakyat, hehehehe…
    Di blogspot juga ada kok fasilitas beginian walo blm pernah kupakai sih.

  7. mr.bambang says:

    Aku terkadang juga pake yang ginian… namun lebih sering malesnya….

  8. olangbiaca says:

    Aslkm.

    wah..ide bagus juga ya ? baru tahu neh…

    gimana khabar mas ? sehat2?

  9. ngafandi says:

    kendala utama mo posting, ‘jarang’ dapet koneksi internet 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site