Tanpa keycode (lagi)

Setelah sekian lama saya menggunakan Matriphe Keycode untuk menghambat SPAM, saya ingin mencoba peruntungan kembali dengan menghilangkan fungsi keycode sebelum pembaca berkomentar di blog ini.  Memang keycode sebelumnya yang terpasang cukup membantu saya menghambat SPAM yang masuk, tanpa ada kekhawatiran ada yang lolos.

Tapi ternyata, saya cek, dalam seminggu terakhir, para SPAMMER mulai berevolusi, yang tadinya di moderated comments tidak pernah ada SPAM nongol, tadi saya cek, mulai ada dua buah SPAM yang nongol di moderated comments. Wah, hebat juga dia berhasil menembus keycode yang terpasang, meski tetap terdampar di moderated comments.

Sekalian saya mengupdate engine blog ini menjadi WordPress 2.5, saya memutuskan untuk mendisable sementara waktu plugin Matriphe keycode, dan mencoba melihat, bagaimana Akismet menahan gempuran dari SPAM yang saya yakin pasti akan berusaha “membantai” blog ini. Sekalian terus terang ada rasa “rindu dan kangen” pingback dan trackback. Karena sekian banyak tulisan yang mempingback atau trackback blog ini, tapi tidak ada satupun yang masuk di kolom komentar, hal ini karena keterbatasan Matriphe Keycode yang tidak mampu mengidentifikasi pingback dan trackback.

Yah, tinggal kita nikmati saja. Harapannya sih, tidak ada SPAM yang masuk. Let’s see!

UPDATE: Akismet GATOT, alias gagal total, begitu Matriphe keycode dilepas, dalam waktu dua menit tadi malam langsung nongol satu SPAM, karena dah ngantuk, saya tinggal tidur, pagi ini habis shubuh, mulai bermunculan SPAM di blog ini, akhirnya sekarang tambah satu pengamanan lagi, pakai Raven Anti SPAM. Kita tunggu saja hasilnya bagaimana.

  1. YoHang says:

    Wah kenapa ya sejak dulu saya lebih milih Akismet? Mungkin karena dah built-in nihhh, dan juga tidak mau coba-coba dengan plugin anti-spam lain. :)

  2. ngafan says:

    wahh..lha saya baru mau nempelin matriphe di blog..kok udah ada spam yang lebih pinter..hoho..

  3. mr.bambang says:

    Saya pake akismet dan plugin WP SPam Free. Ya lumayan signifikan sih jarang banget dapat akismet moderation :)

  4. Donny Reza says:

    Nggak coba WP-Spam free…?
    manjur deh…;-) cuma ya itu, kita nggak tahu yang ‘dikira’ spam itu bener2 spam atau bukan.

  5. Luthfi says:

    apa karena teks biasa ya?
    jd msh bs ditembus

  6. BlogDokter says:

    Saya sih tetap mengandalkan Askimet dan bantuan dikit dari theme, lumayan ampuh menolak spam. Yang penting khan spam nggak muncul di halaman depan cukup di halaman administrasi saja.

  7. saya pake tiga plugin: Akismet, TrackBack Validator dan Math Comment Spam Protection Plugin. Sejauh ini sih saya pikir nggak pernah ada komentar dan trackback SPAM yang bisa lolos sampe nongol di blog. Semua spam bisa ditangkal dengan baik…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site