Picnik, (almost) full featured

Seneng sekali, picnik salah satu tool online favorit saya untuk mengedit gambar-gambar secara online, mulai akhir februari kemarin ternyata telah menggratiskan banyak sekali fitur-fitur yang tadinya hanya bisa dipergunakan jika memiliki akun premium. Sekarang dengan menggunakan jenis yang free sekalipun banyak sekali effect yang bisa dipergunakan secara bebas dan gratis.

bangkok-framedBanyak sekali fungsionalitas yang ditawarkan oleh picnik ini, selain fasilitas standar seperti rotate, resize, crop, kemudian exposure, color, sharpen, dan lain sebagainya, dia juga memiliki fasilitas efek untuk memberi efek BW, Infra Red, Vignette (lingkaran menghitam di seputar gambar), kemudian frame gambar, manipulasi gambar seperti seakan-akan dikenai filter Holga, termasuk juga sketsa gambar, dan berbagai maca fungsionalitas lainnya.

Intinya untuk sekedar manipulasi kelas sederhana sampai dengan menengah, kita bisa bermain-main dengan menggunakan picnik. Tidak perlu software yang mahal-mahal ala photoshop untuk mengedit foto-foto kita. Seperti foto di samping, adalah hasil manipulasi dari foto Bangkok Royal Palace yang saya ambil waktu main ke sana, kemudian dengan menggunakan picnik, saya beri frame polaroid plus efek grain.

Yang lebih menarik lagi, picnik bisa diintegrasikan dengan flickr, picasa, photobucket, dan berbagai layanan upload photo yang lainnya. Jadi kalau ada yang murah gratis, kenapa harus bayar mahal jika sekedar edit foto sederhana yang sering kita lakukan?

  1. wahyu says:

    weh belum tidur nih mas! jam segene posting!

    lg utak atik software apa itu mas?
    software picnik?hmm….

  2. Donny Reza says:

    Picnik? baru denger…*meluncur ke sana*

  3. BlogDokter says:

    Kalau internetnya pas pasan bagaimana? Apa tidak menjengkelkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site