Mengajar dan Belajar

“Yakni orang-orang yang senantiasa mengajarkan …
Dan orang-orang yang senantiasa mempelajarinya …”

Kalimat pendek ini pernah menjadi tulisan “about” ketika saya membuat blog khusus tentang seputar jaringan komputer.

OOT:

[Tapi seiring waktu berjalan, ternyata berat juga membuat blog khusus (niche) yang senantiasa memiliki tema tertentu, “keharusan” update dengan topik tertentu dan seterusnya. Semangat itu masih ada, hanya saja kadang kendala kesibukan (atau mengada-adakan kesibukan) seperti seakan menghalangi saya untuk menuliskan blog dengan tema tertentu. Terus terang hingga saat ini saya masih lebih menikmati gaya tulis-menulis blog sesuai dengan mood, meski pada akhirnya blog ini tidak mampu mendefinisikan market yang jelas, tidak jelas apa yang dibahas, tidak jelas pembacanya siapa, tergantung Google yang menghantarkan orang-orang yang kadang “tersesat” di rimba blog ini, kecuali memang ada beberapa kawan yang memang rajin silaturahim berkunjung ke blog ini (maafkan saya yang tidak bisa senantiasa blogwalking ke tempat rekan-rekan sekalian).]

Ilmukomputer dot com memiliki tag “Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya” sebagaimana syair yang diambil dari Imam Ali radhiyallahu’anhu, dan memang benar. Banyak sekali yang sering saya sampaikan di kelas, bahkan kadang secara spontan “mak cling” ide tentang sesuatu terlontar ketika saya mengajar. Dan setelah itu, justru ide tersebut yang malah melekat kuat.

Karena itulah saya paling suka kalau diminta mengisi forum, kelas, pelatihan, training, dan lain sebagainya. Karena di saat itulah biasanya kemampuan keilmuan akan semakin bertambah. Seorang murid yang senantiasa belajar terus menerus biasanya hanya akan mampu mempertahankan ilmu yang dia  miliki sampai dengan saat ujian tiba. Berbeda halnya dengan seorang guru yang mau tidak mau dia dituntut untuk belajar terus menerus, agar mampu mengajarkan sesuatu dengan baik di depan kelas, dan justru tidak menyesatkan dengan ilmu yang salah. Ketika hendak mengisi training/kelas/forum/dlsb, mau tidak mau saya juga harus semakin banyak belajar, apalagi kompetensi saya adalah bidang IT yang perubahannya terus-menerus, bahkan dari detik ke detik.

Harapannya memang blog ini menjadi sarana saya juga untuk belajar terus menerus tanpa henti, senantiasa mendapatkan sesuatu yang baru. Selain mengikat semua ide, cerita, dan ilmu yang saya miliki dalam blog, harapannya juga dapat memberikan kemanfaatan bagi yang lainnya.

  1. ebeny says:

    Benar mas..! aq hanya guru biasa…tapi se”biasa”nya saya…saya selalu belajar terus saat mengajar..! Satu dari sekian banyak alasanku “senang menjadi guru” adalah saat aku harus belajar dan berubah every day..Teaching life always makes me different day by day..

  2. Dan says:

    setuju… makin banyak mengajar maka harus makin banyak belajar dan blog bener-bener media untuk belajar, saya juga baru belajar ngeblog ternyata asyik…
    salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site