Pengalaman dengan Internet Banking Mandiri

Akhirnya setelah sekian lama, kesampaian juga buka rekening di Mandiri dan membuka fasilitas Internet Banking di sana. Satu-satunya alasan untuk membuka rekening di Bank Mandiri adalah kemampuan yang dapat diberikan oleh Internet Banking yang bisa melakukan banyak hal, baik berupa pembayaran, pembelian, dan lain sebagainya. Saya sudah ada internet Banking yang lain, akan tetapi memang layanan yang diberikan tidak sebanyak yang diberikan oleh Bank Mandiri.

Meski demikian, ada catatan juga mengenai layanan internet Bankingnya. Yang jelas adalah masalah token pin. Dalam “akad”nya, kita sebagai nasabah diharuskan untuk “membeli” token pin sebagai alat pengamanan transaksi. Ya meski sedikit berbeda ketimbang di Singapura yang alat token diberikan secara gratis, tidak mengapa, asal transaksi jadi semakin aman tentu saja tidak masalah. Akan tetapi, setelah membaca-baca peraturan yang ada di buku panduan token PIN mandiri, ternyata, walaupun kita sudah beli alat tadi, alat token PIN mandiri tetap merupakan milik bank. Artinya tidak bisa dijadikan “souvenir” oleh kita, he..he… Jadi akad “pembelian” yang sudah dilakukan, ternyata menyalahi keadaan sebenarnya yang ternyata kepemilikan tetap milik Bank.

Barangkali kejelasan masalah ini memang perlu diperhatikan. Selaku konsumen tentu kita tidak berharap “ditipu” dalam segala proses transaksi. Seandainya transaksinya jelas, uang sebanyak Rp 20.000 bukan untuk pembelian token, tapi untuk biaya sewa token pin mandiri, tentu akad “penipuan” tentu tidak akan terjadi.

Itu saja sedikit catatan. Entah jadi penjual, ataupun jadi pembeli, kita perlu membiasakan untuk jujur dalam segala transaksi yang dilakukan.

  1. sinonie says:

    MAs andri jeli juga 😀

    saya sekian lama pake ga pernah perhatiin..

    sipp mas

  2. xUlel says:

    Ada gak biaya bulanan untuk token…

  3. ranyliq says:

    Yah ga da salah nya ngeluarin extra, asal aman. soalnya sistem IT di indo ini agak parah :mrgreen:

  4. Azhar says:

    Kartu ATM juga dimana-mana dinyatakan milik penuh BANK….jadi no comment aja…

  5. This text is invaluable. How cann I find out more?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site