30 detik sebelumnya dan sesudahnya

merahhijau

Beginilah situasi yang saya temukan dan saya alami hampir setiap hari di jalanan kota Jogja. Sebut saja motor di sebelah kiri mobil pengendaranya namanya Botol (bodoh dan tolol). Si Botol ini sejatinya hendak belok ke kanan, akan tetapi karena dia merasa sebelah kanan sudah penuh, maka dia mencari celah yang kosong, dan itu ada di sebelah kiri mobil dari gambar di atas.

Ketika lampu menyala hijau, dengan santai dan lenggang kangkung, langsung saja dia potong jalur mobil yang hendak lurus ke depan, dan dia langsung belok kanan. Sopir mobil mana yang tidak “panas” diperlakukan seperti itu. Sudah gitu kalau ketabrak, hukum “alam” kendaraan bermotor pasti berlaku. Kasta tertinggi adalah pejalan kaki dan kasta terendah adalah mobil/kendaraan besar lainnya. Tidak peduli siapa yang salah, kalau motor ketabrak mobil, yang salah pasti mobilnya. Kalau sepeda ketabrak motor, yang salah pasti motornya. Kalau orang jalan kaki ketabrak sepeda, yang salah pasti sepedanya.

Apa memang budaya bangsa kita begitu “primitifnya”, tidak taat aturan, tidak mau tahu hukum, main menang sendiri. Kapan Indonesia bisa maju????

  1. Whew, emang menyebalkan ya? Dan kenapa jadi hukum rimba yang berlaku ya? padahal kan dalam aturan juga harusnya ada saksi.

  2. Kukuh TW says:

    wah , kalau di Jakarta sih bisa lebih dari ini

  3. ika says:

    anehnya kalo yang salah pengendara motorna tapi malah dia yang mencak-mencak,,

  4. alf says:

    Asl…ehe……lucu….

  5. sumadi says:

    Ah… mas andri, pasti sering ketemu peristiwa seperti itu di kota Jogja ini, maklum penghuni jogja banyak yang dari ndeso, termasuk kota ndeso, jadi seperti orang menggembala bebek itu lho, plang kanan tapi beloknya kekiri.. he..he..

  6. IndraPr says:

    Terbiasa dengan teraturnya lalu lintas di Singapura, pas kembali ke Jogja, jadi begini deh… 😛 😛

  7. DiN says:

    Catet nomor polisinya saja.

  8. Mas…sing sabar, yo. Aku yo wis bola-bali ngalami, sebagai driver roda empat tentunya. Kesimpulannya, mereka yang nyerobot dari kiri memang belum pernah dan belum bisa setir mobil. kesimpulan yang kedua, emang sudah dari lahirnya kayak gitu kali….
    hehehe….

  9. Hedwig™ says:

    ha ha ha.. monyet naik bebek memang kelakuannya seperti ini :)

    mangkannya jangan jadi monyet

  10. hanafi says:

    hohoho, masih saja kebawa yang kemaren ya?
    dah numpuk ke ubun2, dikeluarin dah di sini.. hehehe
    yang sabar mas.

  11. veta says:

    ada lagi
    1. tidak reting atau ngeplang tiba-tiba belok
    2. tiba-tiba njedul dari gang dan langsung nengah
    3. nyalip dan langsung belok di depan kita alias ngepot

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site