Tahun Baru 2008, adakah yang istimewa?

Bagi saya, tidak ada sesuatu yang istimewa. Meski demikian, tidak ada salahnya melakukan refleksi sejenak, memutar kembali memori, dan menatap impian.

Wahai orang-orang yang bertaqwa, dan hendaklah kalian melihat diri kalian sendiri, apa-apa yang telah berlalu (telah diperbuat), untuk masa yang akan datang

QS. Al Hasyr 18

Tentu setiap orang berharap segala sesuatu berjalan sesuai dengan keinginan dia, begitu pula dengan saya. Tapi terkadang, apa yang menjadi impian dan cita-cita tidak mesti selalu sama. Boleh jadi terkabulkan, boleh jadi tertunda, atau mungkin menemui kegagalan.

Waktu satu tahun memang bukan waktu yang sedikit bagi ukuran umur manusia, tapi ternyata waktu itu menjadi sangat pendek ketimbang dimensi waktu yang lain. 1 tahun perjalanan bumi berevolusi ternyata mungkin hanya sekian hari perjalanan planet jupiter, atau mungkin sekian menit waktu perjalanan planet neptunus, atau mungkin sekian detik waktu perjalanan tata surya yang lain, atau mungkin satu mikron detik waktu perjalanan galaksi dan seterusnya.

Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.

QS. As Sajdah 5

Dalam waktu yang relatif pendek ini, masih banyak hal yang saya rasakan kurang. Saya hanya bercita-cita menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitarnya, akan tetapi kalau difikir-fikir kembali, sejauh mana kemanfaatan itu bisa diwujudkan, masih menjadi tanda tanya besar. Saya pun bercita-cita menjadi lebih baik setiap harinya. Kembali, ketika difikir mendalam, mungkin kemajuan menjadi lebih baik belum tercapai. Tapi satu hal yang saya yakini, bahwa seseorang tidaklah mesti diukur dari hasil yang dia capai, tapi proses yang menuju hasil juga tidak kalah penting. Harapan saya tentu saja proses yang telah saya lewati adalah proses menuju perbaikan tadi. Gusti Allah mboten sare.

Semoga kawan sekalian mendapatkan kemanfaatan dengan hadirnya tahun yang baru. Tidak sekedar menghabiskan tahun yang berakhir ini dengan kesia-siaan. Menghambur-hamburkan uang, sementara sejatinya uang tadi dapat kita pergunakan sebagai kontribusi kita untuk kebaikan masyarakat kita.

Paling tidak akhir tahun ini ada acara istimewa, “Jumpa Fans” dengan pak Budi Raharjo  di rumahnya Pak Indra …. he..he.. jarang-jarang ketemu dengan seleb blog …

Saya tidak akan mengucapkan selamat Tahun Baru kepada anda, saya hanya hendak mengucapkan, selamat berjuang kawanku sekalian ! perjalanan untuk kebaikan masih panjang ….

  1. mr.bambang says:

    Pas di singapore, pak Budi rahardjo sempat unjuk kebolehan ngeband gak mas? Kapan ya bisa main ke Singapore. Btw, tahun 2008 istimewa bagi pemerintah karena memiliki program Visit Indonesia 2008. Tahun 2009 lebih istimewa karena akan ada pemilu.hehehe

  2. veta says:

    mari kita sarungan, dan kemulan, dan bobok-bobok saja.

  3. hanafi says:

    Semoga kawan sekalian mendapatkan kemanfaatan dengan hadirnya tahun yang baru. Tidak sekedar menghabiskan tahun yang berakhir ini dengan kesia-siaan. Menghambur-hamburkan uang, sementara sejatinya uang tadi dapat kita pergunakan sebagai kontribusi kita untuk kebaikan masyarakat kita.

    amin, dan semoga bangsa dan keluarga kita, selalu berada didalam perlindungan Allah SWT dalam melewati pergantian tahun ini.

  4. JaF says:

    Ya minimal saya ingin mengucapkan selamat nuker kalender lah.. :)

  5. Donny Reza says:

    Ah, mending tidur…trus muhasabah, iya nggak om? :)

  6. Hedi says:

    malam tahun baru sama aja dengan malam biasanya…kalo ga begadang di kantor, saya biasanya tidur. Selamat Tahun Baru 2008, mas.

  7. Mas andri, saya ijin ngopi kata-katanya yang terakir ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site