Barangkali masih tentang climate change pula

anti-polusiBiar semuanya serba hijau, ramah lingkungan, dan “barangkali” terinspirasi oleh OLPC karya Negroponte yang menggunakan “pedal” generator yang diputar pake tangan, untuk menghasilkan energi buat mengisi baterainya, beberapa mahasiswa MIT mencoba membuat sebuah rekor untuk menjalankan sebuah superkomputer (ingat, superkomputer tidak sama dengan PC biasa loh, ada sekian banyak prosesor tertanam di mesinnya) dengan menggunakan orang yang menaiki sepeda balap yang sudah dimodifikasi.

Dengan menggunakan sepeda ini, dihasilkan energi listrik sebesar 1.2 kilowatt yang mampu menjalankan si superkomputer tadi selama 20 menit. Reliable? Tentu tidak 😀 mana ada orang mau njalanin komputer trus nyuruh orang lain nggenjot pedal sepeda buat muter generator listrik.

Mungkin juga mereka hendak menunjukkan ke publik, kalau Amerika masih memikirkan lingkungan yang hijau pula despite emisi karbon mereka yang menguasai lebih dari 50 persen emisi di seluruh dunia ini. (Penjajahan gaya baru nih, menjajah dengan emisi karbon, invasinya ke seluruh dunia lagi … !)

Dapet ceritanya dari sini nih.

  1. betapa capeknya kalau tiap 20 menit ngontel gitu ya…

  2. bank_al says:

    kalau main sepeda-nya digilir, terus dibuatkan sebuah penyimpan energi, barangkali bisa jadi sebuah inovasi kerja sama antara PLN dan fitness centre kali ya Ndri ?

  3. Donnyreza says:

    tapi, barangkali bisa tuh kalau dipasangnya di fitnes center ;))

  4. ekowanz says:

    hihihi….kocak juga anak2 MIT

  5. iorme says:

    hehehe lucu juga kayak gak ada ide lain aja buat nyari sumber listrik

  6. ika says:

    huihihih,,,ide na kreatif juga pak anak2 MIT itu tapih,,huhu cape d… 😀

  7. Luthfi says:

    klo ngetik sambil nggenjot gimana ya?
    jadi kayak tukang jahit tempo dulu :)

  8. imcw says:

    Yang sudah sering saya lihat di teve sih mengetik sambil treadmill. Katanya untuk kesehatan.

  9. hanafi says:

    dimungkin jg kalo abis nggenjot, ato pake alat fitnes lain u/ kemudian energinya disimpan di dalam suatu alat (semacam ups). terus alatnya bisa dipake buwat nyalain komputer.

    aya-aya wae anak MIT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site