Bila terulang kembali ?

Bila blog anda (kembali) dibajak blogger pemula?

a. Dimaafkan
b. Dinasehati melalui email
c. Dibiarkan saja, cuek bebek mau dicopy ya monggo-monggo saja
d. Diperangi dengan mengumpulkan seluruh “bala kurawa” untuk komentar “pedas” di blog dia
e. …… (alasan lain silakan diisi sendiri)

???

Pada akhirnya saya bisa memaklumi, maka saya biarkan saja lah, toh mereka memang sedang berlatih dan belajar ngeblog. Harap maklum, sebagai seorang pemula, kadang masih bingung hendak melangkah ke mana.

Saya sendiri pun, dahulu mengawali “karir” blog ini dengan copy-paste, YA, benar sekali sodara-sodara, saya dulu mengawali karir blog dengan salah satu artikel copy paste di posting yang ke-tujuh, meski tentu saja, saya masih punya norma, paling tidak mencantumkan sumbernya (walau bukan berupa linkback ke website aslinya). Yang menarik, justru dari tulisan copy-paste itulah, kadang orang sering kesasar ke blog saya ini, bahkan dalam setiap pekannya selalu saja ada yang kesasar gara-gara keyword yang mereka pakai cocok dengan tulisan saya.

image Tak percaya? Coba search dengan Google (yang Indonesia atau mana saja juga boleh deh), dengan keyword “manfaat pepaya” … tuing-tuing … ternyata nangkring di nomer satu. Bahkan di Google Indonesia (http://www.google.co.id), kalau anda ngetik kata “pepaya” saja, juga dapat halaman satu (setidaknya di nomer dua gitu …).

Nah, hari ini ada satu website lagi yang sedang mengawali karirnya dengan copy-paste, ya tentu saja seperti permasalahan-permasalahan yang kemarin, sang penulis langsung copy semua tulisan yang saya muat di sana, kemudian dengan “semena-mena” mempaste tulisan tadi di Blognya. Tanpa sengaja, di tulisan tadi ada tautan yang masuk ke blog saya. Kena deh !! Kalau Matta bilang (gara-gara pak Syuhud yang kuliah di RSIS NTU yang bikin saya jadi tahu, group band matta itu apa, kirain temennya ustadz Anis Matta..he..he.. ) : “Ow..ow… kamu ketahuan, copy paste lagi, blognya orang lain !!

Makanya, pada akhirnya kembali saya memaklumi, bahwa semua ada permulaannya, meski pada akhirnya harus mengcopy-paste milik orang lain, tanpa izin tentunya. Meski demikian, ke depan, sang penulis juga harus diberikan pemahaman dan pengertian, untuk tidak sekedar mengcopy tulisan orang lain, apalagi sampai mengaku-aku sebagai miliknya.

Jangan sampai ada kasus penutupan sebuah blog lagi (sila cari di internet, blog pemula yang akhirnya ditutup gara-gara ketahuan copy-paste), gara-gara seorang newbie yang masih “hijau” dalam ranah blog ini melakukan copy-paste suatu tulisan.

Kecuali untuk blog yang satu ini, yang dengan sengaja seluruh isinya merupakan copy-paste demi mengejar tugas kuliah bahkan menyalahkan orang yang menyalahkan dia karena copy paste …. (kalau ini memang harus didatangkan seluruh “bala kurawa” untuk “memberikan pelajaran” ke dia …he…he..).

Blog pemula itu ada di sini, dan ini adalah tulisan saya yang kena copy-paste.

  1. aLe says:

    santai aja oM, resiko seleb 😉

  2. ika says:

    hehe,mau narsis dikit,dari awal ngeblog dulu sampe skr saya gak pernah kopas,,kekekeke la gimana mau kopas, la wong tema blog dan postingan saya aja emang ga mutu, emang niatan bikin blog cuap2 ngasal..hehhee 😀

  3. aLe says:

    *oot*
    iya bos,
    uda bnyk yg ngeluh jg,
    ni msh cari tempat hosting US yg cepat tp ekonomis 😀
    ada saran tempat hosting maknyus :mrgreen:

  4. snydez says:

    a, b, c, d, e, f …benar semua :)

  5. bayu says:

    wakakaka,..
    udah resiko kaya’nya man,..
    seperti kata aa gym,..
    “dia sedang ber proses,..”

    *lol

  6. ekowanz says:

    eh duluuuu pas aku pertama ngeblog juga kopas om :p hihihi….
    yah jadi resiko jadi seorang senior blogger seperti om ini :)

  7. iorme says:

    maklumlah pak andri kan seleb blog jadi ya wajar aja, ah kapan2 kopas potingan blog ini ah biar ikutan terkenal, hwehehehehehe

    ya berdoa aja postingan yang dibuat pak andri memang ada manfaatnya bagi si tukang kopas itu, hehehe

  8. Hedi says:

    saya ga pernah jadikan masalah, cuek aja…ada yang bajak sukur, enggak ya bagus. Nyantai, mas…biar ga mumet 😀

  9. mr.bambang says:

    kirain mas andri mau ikut ikutan ngebahas masalah artis blog kita sarah.hehehehe.atau mungkin terinspirasi.halah…apa artinya blog tanpa copy paste hah?? hambar pasti :4

  10. Donny Reza says:

    Kalau saya pada dasarnya emang gak mau dan gak suka mirip-mirip sama orang lain, makanya gk doyan nyontek, dan gk bangga juga majang-majang tulisan orang lain ;)) yah, kecuali beberapa puisi atau quote yang emang bagus, itu pun dengan menuliskan namanya…pasti lah.

    Tapi, bukankah ketika tulisan itu bermanfaat untuk orang lain, sesungguhnya tidak ada yang ‘dicuri’ dari kita?

  11. Luthfi says:

    seleb blog harusnya memberi maaf 😛

  12. vetamandra says:

    berarti tulisan njenengan bermutu dan berbobot.

  13. imcw says:

    Tulisan blog kudu diisi digital sign agar tidak mudah dikopas, tapi caranya gimana ya?

  14. wahyu says:

    Pak andri how are u!

    Waks mbajak! kalo copy paste aku sering tapi tetep kasih sumber lah yaw!

    maklum sedang sibuk sangad pak andri!

    belum bisa memanage waktu antara!

    ibadah,kuliah,belajar,maen,dugem,istirahat!
    jadi blog nga keurus!

  15. Ade Tsabita says:

    baru tau klo bapak yg ntu ini seleb blog:-P, emang iyah..halah..koq ku tak tau. Ikhlas aja kale jika ada yang berniat meng copy paste jika bermanfaat buat banyak orang. Tafadhol..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site