(oalah) Patent Infringement

Patent Infringement? Makanan apaan sih?

Gampangnya, patent infringement adalah pelanggaran atas hak paten yang memungkinkan si empunya paten dapat menuntut orang/lembaga lain yang menggunakan hak paten miliknya tanpa membayar royalti, untuk kemudian diwajibkan oleh pengadilan untuk membayar pelanggaran atas hak paten yang dia miliki.

Quote dari wikipedia:

A patent provides the proprietor of that patent with the right to exclude others from utilizing the invention claimed in that patent. Should a person utilize that invention, without the permission of the patent proprietor, they may infringe that patent.

Pernah dengar OLPC kan? One Laptop Per Child? Yakni laptop yang didesain untuk anak-anak yang tinggal negara-negara berkembang atau negara-negara miskin, agar mengurangi digital gap antara mereka dengan anak-anak di belahan dunia lain yang lebih maju. Semua tahu bahwa tujuan pengadaan laptop murah ini memang ‘mulia’, yakni agar anak-anak di negara berkembang dapat pula merasakan dunia digital, mendekatkan mereka dengan jendela informasi, dan lain sebagainya.

Tapi ternyata, OLPC baru-baru ini "disandung" dengan kasus patent infringement, dan mereka akan dituntut untuk membayar sekian dolar (entah ribu entah juta) karena ada perusahaan yang merasa bahwa hak paten mereka, yakni dalam kasus ini, pembuatan keyboard multilingual telah dilanggar oleh penyelenggara OLPC yang setahu saya tujuannya adalah untuk non-profit.

Saya bukanlah pakar hukum yang tahu persis, tapi (orang jawa bilang) mbok ya o, laptop ini kan tujuannya sosial, tidakkah mereka bisa mengukur? Atas nama hukum, ketamakan dibungkus dengan legalitas, sifaat greedy yang bahkan tidak peduli dengan nasib kaum terbelakang yang bisa maju dengan adanya laptop murah tadi.

Benar-benar paten telah menjadikan mereka para penuntutnya kehilangan jiwa humanitarian mereka, yang ada di kepala mereka cuma … duit…duit … dan duit *sigh*. Seharusnya mereka malah mensupport OLPC dengan memberikan dukungan kepada laptop ini, agar lebih berkembang.

Patent Infringement ini pula yang dahulu pernah diucapkan oleh Steve Ballmer direkturnya Microsoft yang "gerah" melihat perkembangan Linux, sehingga komunitas Linux pun dituduh menggunakan paten mereka secara illegal dan siap-siap menghadapi tuntutan mereka.

Karena paten ini pula lah, kita tidak bisa menjual batik di Malaysia karena klaim yang dilakukan oleh Malaysia, sebagaimana tempe yang dipatenkan Jepang, dan lain sebagainya.

Come on, you are human guys ! Your greed will never make you satisfied. The more money you get from your greediness, the more you want it. Just the same as you drink the seawater, the more you drink, the more you get thirsty. Shame on You !!!

Sumber berita dari Computerworld.

  1. Donnyreza says:

    Sejak awal ngedenger soal hak paten aja saya udah ngerasa BT, seenaknya aja main klaim, padahal ilmuwan2 dulu kan bisa berkembang karena ilmu pengetahuan di gratiskan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site