Negri tanpa musim

Jika anda sempat untuk pergi jalan-jalan ke Singapura, mungkin akan anda temukan “suasana” cuaca yang sedikit berbeda dengan di Indonesia pada umumnya. Di Singapura, cuaca boleh dibilang cukup “aneh”, barangkali mungkin karena letak geografisnya yang di katulistiwa.

Contoh cuaca yang aneh misalnya, dalam satu wilayah kecil dengan radius kira-kira hanya 3 km, sangat mungkin sekali terjadi di satu tempat hujan sangat deras sekali, sementara di tetangga sebelah, panas ngenthang-ngenthang, alias panas sekali. Hal yang jarang saya temui di Indonesia. Pernah suatu ketika saya sholat Jum’at di masjid, yang saat itu hujan deras luar biasa, selesai Jum’atan waktu balik ke kampus NTU, ternyata cuaca terang benderang, panas, dan tidak nampak sisa hujan barang sedikitpun, padahal jarak antara masjid dengan kampus kira-kira hanya sekitar 3 km (pake hitungan jalan raya, kalau ditarik garis lurus mungkin kurang dari 2 km).

Hujan di sini juga bisa turun kapan pun, tahu-tahu langit jadi hitam kelam, padahal tadinya panas sekali, dan dalam waktu singkat hujan turun dengan derasnya. Boleh dibilang kejadian ini berlaku sepanjang tahun, meski hujan memang lebih banyak turun di akhir tahun. Maka tidak heran, jika kemana-mana banyak orang Singapura, termasuk juga saya, kemana-mana selalu membawa payung. Karena memang suka tidak suka, siap tidak siap, kapan pun hujan bisa datang.

Beda dengan waktu di Jogja, kalau nggak musim hujan, ya bisa diperkirakan kalau cuaca bakalan panas, tidak perlu membawa payung, jas hujan, mantel, ponco, dll. Sebaliknya kalau musim hujan, ya harus siap setiap saat. Tapi di Singapura, kapan pun sebaiknya kita membawa payung. Karena di sini memang hujan turun sepanjang tahun. Meski anehnya, cuacanya tetap puaaaaanaaassss sekali.

So, jika berminat berkunjung ke Singapura (terutama buat teman-teman kronologger yang tahun depan mau nonton F1 di Singapura), jangan lupa pake payung, kalau jalan-jalan pake kaos katun yang nyaman, karena cuaca bakalan panas, dan pake sepatu yang kuat, karena harus siap-siap jalan kemana-mana (tapi jadi sehat kok …)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site