Detik pun mulai menggunakan tautan

detik-tautan Layaknya dunia blog yang biasanya dalam postingannya memiliki tautan-tautan (permalink), untuk memberikan informasi kepada pembaca, darimana si penulis melakukan referensi tulisan, maka detik [dot] com pun kini melakukan hal yang sama.

Seolah tidak mau kalah saingan, karena pangsa pasarnya barangkali mulai digeser oleh situs alternatif ala blog, maka tautan-tautan pun mulai disematkan dalam beberapa berita detik. Seperti yang nampak di gambar di atas, beberapa kata mulai diberikan tautan permanen oleh detik, agar pembaca dapat langsung merefer ke tulisan tersebut.

Tinggal selangkah lagi, barangkali detik perlu memuat sindikasi (RSS) ke websitenya, jalan menuju news blog akan semakin terbuka. Sehingga tidak ada lagi sindikasi ilegal dari detik.com yang saat ini banyak beredar di internet.

Masalah iklan? Jangan khawatir, selama ini saya berlangganan beberapa sindikasi dari website-website IT ternama seperti computerwold dan kawan-kawannya, dalam sindikasinya pun ada iklan-nya. Pengiklan masih dapat beriklan di detik dengan tenang, tanpa khawatir tidak ada lagi yang membuka iklan mereka. Toh saya yakin, pelanggan RSS seperti saya jumlahnya tidak sebanyak ketimbang pembaca normal yang harus menuju ke website detik tadi. RSSnya pun juga bisa dibuat hanya memuat excerpt (bagian kecil) dari posting berita detik, kalau mau membaca lebih detail tinggal bawa ke websitenya langsung.

Jadi, buat detik [dot] com, tunggu apa lagi? Nampaknya wordpress cukup bisa memfasilitasi kok … he..he.. 😉

UPDATE:
Tadi pas saya nulis, lupa belum buka RSS di computrworld, ternyata gak ada, adanya dari RSS yang lain. Bagi yang ingin tahu Advertisement di RSS, bisa telusuri link di sini.

  1. mas, bisa dikasih liat gak bentuk iklan di RSS dari situs2 berita ? maturnuwun

  2. pak andri (he..he..nama sama), untuk capture-nya bisa dilihat di link berikut ini:

    http://andri.cisco.or.id/blogs/wp-content/uploads/2007/11/rss-iklan.JPG

  3. Yuda says:

    loh detik tuh dah ada rssnya lho, saya dah langganan rssnya detikinet. Coba masukkan alamat detik.com ke rss reader seperti bloglines, nanti akan ada feednya atau pakai ini, saya ambil dari bloglines saya untuk feed detik.com. Untuk detikinet feednya bisa diambil di sini. Itu saya taunya juga hasil iseng 😀

    Andri: iya, detikinet udah ada, tapi kalau detik.com nggak ada 😉 paling tidak dari RSS reader yang saya pake selalu gagal karena nggak kedeteksi. Kalau feed43 itu, itu kan 3rd party, bukan produk detik.com, saya juga pakai itu :)

  4. ika says:

    akhirnya lama-lama website brita pun ‘menyerupai’ blog

  5. imcw says:

    Anehnya detikinet malah dari dulu sudah menggunakan RSS.

  6. Pak,boleh liat iklan2 yg ada di RSS

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site