Mengejar Rembulan

Kalau ada film mengejar matahari, maka malam ini saya mengejar Rembulan saja, seperti yang diceritakan sama pakdhe Rovicky, bahwa bulan antara tanggal 26-28 ini adalah yang berjarak terdekat dengan bumi atau yang disebut dengan nama perigee, maka dia akan nampak lebih besar ketimbang ukuran biasanya.

Dan beberapa gambar di bawah adalah hasil capture amatiran saya. Pertama saya bukan fotografer profesional (pinginnya sih gitu), kedua kamera yang tidak mendukung he…he…

Ada beberapa mode pengambilan, dimulai dari yang pengambilan kecepatan tinggi seperti di bawah ini, sehingga sinar pancaran bulan jadi tidak nampak, pure yang keliatan bulannya aja.

peridgee3

Kemudian pengambilan dengan kecepatan rendah, dengan ekspektasi semua cahaya bulan masuk, akibatnya bulan jadi terang benderang dengan flare di sekelilingnya.

PA270093  

Yang ini membandingkan posisi bulan saat diambil, dengan kecepatan sedikit rendah agar cahaya yang masuk banyak (dengan maksud agar apartemen sebelah kelihatan).

PA270111

Yang ini dizoom lebih dekat lagi, agar apartemen nampak, maka mau nggak mau harus kecepatan sangat rendah (soalnya apartemennya jauh, sekitar 400an meter dari flatku), jadinya cahaya bulannya seperti menerangi langit sekitar yang nampak cerah.

PA270112

Fotonya boleh dibilang masih biasa-biasa saja, maklum masih amatiran, tapi anyway, Subhanallah keindahan bulan memang sungguh luar biasa. Ciptaan Allah SWT yang satu ini akan semakin memperlihatkan kekerdilan saya yang hanya merupakan satu onggok debu di alam semesta raya yang maha luas ini.

  1. nico says:

    baru tau saya mas istilah perigee.

  2. Pantesan, Gunung Anak Krakatau yang deket dengan tempat saya tinggal ini sedang sedikit mengigil.. Mudah2an gak sampe batuk, mungkin juga efek dari grafitasi bulan ya.
    Begitu juga Gunung di Sulawesi, Kelud, dan Papandayan

  3. […] domain yang tepat untuk photo blog yang kemarin sudah saya rencanakan. Diawali dari posting “rembulan apogee“, minat untuk membuat photoblog semakin […]

  4. […] crowd canteen and a mini market). Other than that, I just sit, and watch the night sky, catch an apogee, or just to stare at the stars in the sky. Or maybe just to catch a picture of the next door […]

  5. rudy says:

    *a very crowd canteen and a mini market

    it should be:

    *a very crowded canteen …….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site