Akhirnya dibajak lagi

Waduh, rasanya dah lama sekali tulisan saya tidak dibajak orang. Dan ternyata kali ini ada satu lagi tulisan saya yang dibajak. Hebatnya lagi, yang dibajak adalah tulisan saya (yang ditulis dengan penuh emosi saat itu) yang bercerita tentang pembajakan, yakni tulisan yang berjudul, "Cara aman membajak tulisan" !! Ada dua blog lagi yang mentah-mentah mengcopy paste tulisan saya.

Tulisan asli saya yang dibajak bisa diakses di sini.
Tulisan itu merupakan curhat saya karena beberapa tulisan saya yang dengan semena-mena dibajak orang lain.

Alhamdulillah, blog saya ini bukanlah blog seleb, sehingga sampai dengan saat ini kelihatannya tulisan bajakannya juga masih belum teridentifikasi oleh khalayak umum.

Untuk pembajak pertama, nampaknya blog milik dia ini memang blog spesialis copy paste blog lain, yang sungguh disayangkan dia tidak pernah memuat permalink sumber tulisan yang dia buat. Padahal dia memuat disclaimer, bahwa yang copy paste dari dia hendaknya mengucapkan terima kasih kepada dia (bukan berarti saya juga menuntut dia berterima kasih, tapi cukup menginformasikan ke saya atau rekan yang lain dengan memuat permalink/URL tulisan saya, paling tidak saya tahu bahwa ada yang mengutip tulisan saya).

Blognya bisa diakses di sini.
Tulisan saya yang dibajak bisa diakses di sini.

Untuk pembajak kedua, sebagai blogger pemula (paling tidak catatan awal dia memulai blog baru bulan September 2007 yang lalu), mungkin dia masih belum tahu caranya ngeblog. Sehingga asal copy paste tulisan orang dalam rangka mengentri blognya yang masih kosong. Sebagai pemula, mungkin masih bingung, blog yang baru saja dibuat hendak diisi apa, sampailah dia ke blog saya, dan terjadilah apa yang sudah terjadi, pembajakan dimulai kembali.

Blognya bisa diakses di sini.
Tulisan saya yang dibajak bisa diakses di sini.

Hanya sayangnya keduanya tidak mengikuti saran membajak yang baik seperti yang tertulis di tulisan saya, makanya saya malah bisa tahu bahwa tulisan saya sedang dibajak habis ;-). Lain kali kalau mau copy paste, mustinya tahu lah apa yang sedang dicopy paste tadi.

Setidaknya saya jadi tahu, bahwa para pembajak akan mendapatkan kenaikan trafik, karena biasanya yang dibajak malah akan selalu mereferkan pengunjung untuk mengunjungi blog pembajak mereka. Mungkin saja anda setelah ini akan mengunjungi website pembajak saya. Iya kan? 😀

  1. imcw says:

    Tulisan saya untungnya belum pernah dibajak, kalau di submit ke social bookmarking tanpa sepengetahuan saya sih sering. Tulisannya saya kurang bermutu kali ya.

  2. Goslink says:

    Beberapa tulisan saya juga pernah di kopas orang lain…tapi cuek saja..karena memang saya memberikan lisensi untuk bebas menyalin ulang…

    awalnya agak bete sih pas liat tulisan kita di kopas abis tanpa url, ya sabar aja deh…itung-itung amal..hehe.. :-)

  3. Ani says:

    Salam kenal mas Andri, tahu anda dari Kampung UGM.
    Ikut bersimpati atas pembajakan yg terjadi terhadap tulisan anda. Mengapa nggak di lock aja mas postingannya, jadi nggak ada yang bisa copy paste.

  4. Ani says:

    Salam kenal mas Andri. Tahu anda dari Kampung UGM .
    Ikut bersimpati atas terjadinya pembajakan tulisan anda. Kenapa nggak lock aja postingannya mas, biar nggak ada yang bisa copy paste?

  5. @Ani: salam kenal juga. Saya gak suka model melarang copy-paste 😀 biar saja bisa dicopy paste, tapi asal mengakui dengan “credit to” permalink/URLnya. bebas dipakai bukan berarti bebas mengakui 😀 ntar kaya’ Malaysia yang pake batik, tapi mempatenkan batik miliknya :)

  6. Luthfi says:

    telanjur ngeklik 😛

  7. nico says:

    cara lain terkenal ya membajak hehe…becanda mas.
    oiyya gimana bisa tau ada yg membajak mas, apa searching biasa pake om google ato memang fasilitas laen?

  8. @nico: bisa pake google, bisa pake technorati juga :)

  9. […] Saya Dibajak Oktober 28th, 2007 Setelah saya blog-walking, saya mendapati teman saya dan dosen saya mengeluh tulisannya dibajak, saya pun mulai tertarik untuk mencari tahu apakah tulisan saya yang […]

  10. sayyidah says:

    lam kenal mas andri, sering nulis di kamp. ugm ya,.. maaf nih kutan nimbrung, kesel kali,ya tulisan dibajak….? by the way, mas Andri kenal masa hasan ga’ ya? dah 2minggu saya nyari blog nya mas hasanuddin abdurrahman, emm, boleh minta tolong ya dimana ma’af baru turun gunung nih

  11. Sanji says:

    Asal menyertakan sumber aslinya aja.

    http://sanjisan.wordpress.com/2009/03/05/mengatasi-website-plagiator-jika-seseorang-membajak-tulisan-anda/

    Yang penting, tidak mengakui karya orang lain sebagai miliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site