Makin banyak orang aneh aja

Biasanya kalau di Indonesia, kalau kirim SMS buat nulis asma Alloh SWT ditulisnya dengan 4JJI. Beberapa waktu terakhir ini ada berita yang konon katanya sangat menghebohkan, yang menganggap 4JJI artinya FOR JUDAS, JESUS, ISA AL MASIH. Tulisan ini diforward di Forum, Yahoo! Messenger, atau mungkin milis (yg ini aku belum dapat sih, tapi biasanya ginian cepet banget nyebar di milis), atau mungkin di personal blog.

10 x 10 …. cape’ deh … setahuku di agama kristiani Judas (Judas Iskariot) juga dianggap sebagai pengkhianat, dan Isa Al Masih adalah penyebutan Yesus dalam Agama Islam. Aduh-duh, dari dulu bikin tulisan 4JJI ya cuma karena nggak ada karakter (Alloh / Alloh) di dalam Handphone-handphone kita, dan ini gak ada hubungannya sama "terjemahan ngawur" di atas.

Ada-ada saja deh orang-orang nih, apa mereka gak punya kerjaan, apalagi disebarinnya pas Ramadhan lagi, malah bikin musuhan aja. Lagian penerjemahan 4JJI dengan terjemahan itu jadi janggal, apa hubungannya Jesus / Isa Al Masih dengan Judas? Baik dalam Islam ataupun Kristen sama-sama disebut sebagai pengkhianat :-)

Kritis dikit napa gitu, jangan langsung asal forward, traceback kembali sumber beritanya. Jangan malah ikutan jadi penyebar kebohongan.

Catt:
Jika ada yang bisa memberi tahu saya sanad (jalur periwayatan) yang sahih tentang kabar ini, silakan diberitahu ke saya. Saya kok yakin sebagian besar juga cuma forwardan aja, tanpa tahu sumber kebenaran yang otentik. Selama tidak ada sumber yang sahih, saya masih menganggap kepanjangan di atas adalah HOAX.

  1. lilamr says:

    ^_^ ada-ada aja.
    perasaan banyak banget nih yg kayak begini.
    bener mas, malah nambah panas suasana.
    semoga para provokator seperti ini bisa dapat kerjaan lain yg lebih berguna dari pada nyebarin ginian.

  2. Mbah keman says:

    Cabeeeeeeeeeeeeeeee deeeeh. Orang gak kritis makin banyak yaa… pragmatis. trendis tidak filosofis…..hi hi

  3. Teguh I says:

    Yach emang sekarang makin banyak kok orang iseng. Apa-apa dibikin biar ribut, dan orang emang mudah terpengaruh kalo ada isu ato kasak-kusuk kayak gitu, jadi ikutan menyebarkan. Atau bisa jadi ikutan menyebarkan itu juga cuman iseng karena hobi sms-an, chatting dan lain-lain 😀

  4. Pedhet says:

    hahah .. lucu juga yah :) br tahu jug akalau di anggap sebagai judas dan lain lain itu

  5. violetroses says:

    ya zaman aneh..ya banyak orang aneh 😀

  6. Nindya says:

    Biasa lah, tipu-tipu gitu. Apa-apa dikait-kaitkan, terus ntar hasilnya jadi jauh banget. Padahal maksudnya baik, nulis nama Allah malah dijadiin sumber provokasi. Cuekin aja, cuekin 😀

  7. miftahx says:

    kenapa gak nulis Allah di HP kalo sms? gak usah pak 4JJI. heheh gampang kan…

  8. teksuno says:

    Inilah bahayanya kalau nulis ngga hati-hati. Bisa-bisa nanti itu dijadikan bahan provokasi lhooo……..

  9. jaysam says:

    Waktu sahur tadi pagi (19/9) aku juga dengar/dikasih tau sama teman.

    Siang tadi aku juga dapat kabar ini dari milis.

    Dan malam ini aku [lagi-lagi] menemukannya saat aku nge-browse-ria.

    Bagaimanapun kebenaran berita tersebut, sebaiknya kita mengambil jalan terbaiknya aja.

    Menuliskan Allah tanpa menggantinya dengan karakter-karakter yang lain.

    Wassalam :)

  10. wadiyo says:

    Assalamu’alaikum wr wb,

    sudah di bahas tuh di MIFTA-perjuangan.

    sikapilah dengan bijak.
    Dari dulu juga sudah sering seperti itu,
    singkatan di pas-pas-kan.

    wassalam.

  11. el_Adani says:

    barusan juga masuk ke mobile aku, untung belum aku forward, betul mas, biasanya asal forwrd aja, gag mo mikir sejenak….

    dari mana kek sumber nya yg benar, atau bisa jadi bahan provokasi tuuuu..

    salam kenal dari blogger dari tanah rencong…

  12. Tony W says:

    Artikel2 nya di blog ini bagus sekali. Sayang tidak di publikasikan lebih luas di http://www.lintasberita.com secara gratis.

  13. andra says:

    kalo aq sih gak tau mau percaya atau enggak.. Tapi klo udh kebiasaan nulis gitu mending tulis nama ALLAH dgn biasa, gak usah pake gaya.. ALLAH itu Maha Agung, gak pantes utk disingkat2. Lagian gak ngabisin duit, gak ngabisin waktu, gak ngabisin tenaga n gak ngabisin pulsa klo qta nulis ALLAH bkn 4JJI.
    kata 4JJI walau artiny bkn judas or jesus n sejenisnya, ttp aja klo dibaca jadinya “empat-je-je-i”.
    Rasulullah aja gak prnh nulis kata ALLAH sembarangan, jd gw sih nurutin aja suri teladan qta…
    Bener gak???

  14. iem nyentrik says:

    setuju banget sama andra (ga pake tambahan n the back bone lho), terlepas dari benar atau tidaknya brita burung itu…ga usah pake singkatan2 gt…toh kalo dibilang pengiritan juga kagak..toh nama Robb gt loh koq diirit2..ntar jangan2 mlh diiritkan jatah rejekinya, tahu rasa..mbok nulis aja seadanya…ALLAH…kalo mau ditmbh lebh baik…ALLAH SWT, JALLA WA ‘ALA, TA’ALA…dst…itung2 dzikir,dapat pahala lho…

  15. mmu says:

    ya bnr..zaman aneh..cape’deeh…apa2 di hubung2kan apalagi dengan kepanjangan spt itu..orang2 langsung maen forward2 aja..gak kritis..bnr tuh kata andra n yg laen..tinggal nulis ALLAH aja..ALLAH maha segala-galanya..

  16. dirsti says:

    iyalah…ga usah diubah2 penulisan kata ALLAH, akibatnya banyak yang mengartikan beda/salah…kayanya maksa juga ya, klo di hp ga ada huruf Arab nya, tapi maksa mo nulis dalam huruf Arab…jadinya gitu deh….

  17. YaMaKaSi says:

    HUuUuUuEeEee…………….
    pertamanya si bingung,,,,,,,
    tpi emang klo dipikir masak”,,,
    bneran sumpah,,,makin bnyk aja orang jail yang sebarin isu yng aneh” kayak gitu…….
    klo udah niat dari dasar ati mo nulis ALLAH apa salahnya klo disingkat,,,,biar hemat pulsa,,,,,
    ^_^

    s7…………………..
    saya sangat s7 dengan pendapat penulis…
    hidup penulis!!!!!!!!!

  18. adien_aniki says:

    sumpe pertama kali gw dapet sms kya gtu dari pacar gw, gw jg kget selama ini gw mangartikan Allah dgn kt 4JJI, kurang kerjaan orang yang bikin artian itu,, mana lgi bulan puasa lgi dasar

    bwt penulis thx bwt pemberitahuannya caiyo

  19. andi says:

    Terus terang aku terpengaruh loh……..duuuuh tampaknya aku kudu lebih kritis nih kalo terima informasi….

  20. Riki Pahlevi Z says:

    Assalammu’alaikum Wr. Wb

    Semalam saat sahur saya baru dikasih tw mengenai masalah ini, alhamdulillah saya tw ada provokasi u/ masalah ini…
    udh dech ga ush tulis 4JJI bwt nulis ALLAH kan tuhan kita DIA bukan “empat-je-je-i”….
    tapi bisa juga tuch singkatan bwt F**K JUDAS, JESUS, ISA ALMASIH….
    Saya harap ga ada lg yang nulis 4JJI u/ nulis nama ALLAH yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy…

    Wassalam

  21. sinto gendeng says:

    wah….emg sial tuch yang nulis gituan………..
    F**K Judas, Jesus, Isa almasih
    SoRRy 4 this….semua orang pasti b’pikir ini…

  22. ayu sholihah says:

    Cpe dwech….hal beginian za dributin!!
    mending juga kita dzikir,
    banyak2 istighfar, nyebut gthu lox
    bulan puasa ini bukannya perbanyak ibadah malah nyebar isu n kabar g jelas.
    yang ada bikin ricuh khaaan….!!!hehehe….

  23. He….he……
    But,kl mnrt gw sich kta semua jgn cm tau mensakralkan Allah itu hanya dengan huruf. Yang paling penting itu tuh…., Memahaminya Lewat HATI Dan diaplikasikan mellui bentuk ibadah dan amal krn Lillahita’ala….
    Jgn cm sekedar menyembah hurufnya doank….

  24. aisyah says:

    hmm…gwozul fikri lagi…………
    issue gak kreatif oui

  25. thunder says:

    wah ternyata tulisan 4JJI itu dilarang ya…
    ya bagi yg dulu sudah menggunakan kan juga tidak berdosa.. lha wong awake dewe nggeh mboten ngertos je…
    kepriwe oo… he3 .. ya tergantung perepsi masing2 de..
    kan sekali lagi maksud kita bukan mau nulis judas… iyo to saudara2 sekalian..? .. jangan terlalu diambil pusing de.. di hidup yg sudah pusing ini…. he3..

  26. Sapto says:

    kanapa gak kritis skalian:
    Allah itu bacanya kok Alloh, skalian aja tulis Alloh.

  27. Abduh_gepe says:

    Yaa. gmn caranya yach…
    masalahnya tu klo yg nrima orang awam,,, gmn mw kritis…???
    pdl klo mw make logika aja singkatan tu dah nggak nyambung bangets.
    klo aq sich…
    moga” empunya ide,,, kena penyakit kudis, biar tau rasa…
    tol nggak???

  28. fw sulistyo says:

    BENER MAS…..!!!!!!!!!!!!

    GITU AJA KOK REPOT……
    CAPE’ DEH…….
    PUASA2 GINI MIKIR KAYAK GITU
    BIKIN LAPER WAE.
    SEMELEKETE……..

  29. samidz says:

    telphon aja kenapa????? klo ngomong langsung apa ada waktu untuk menyingkat???? =))

  30. Wasis n Andi says:

    Pleasa dech jangan suka mbuat yang aneh2 gitu.Sebagai muslim sejati,kami menginginkan kedamaian.Bukan diadu dombakan dengan singkatan lucumu itu.Thanx bgt!!!I hope Alloh always bless you when you are in the hell.

  31. Henny says:

    assallamuallaium wr wb.
    sebenernya sih… kalo menurut aku… itu tinggal bagaimana cara kita menanggapi n’ mengartikannya. so, jangandi ambil pusig napa…
    tape de….

    Btw anyway busway…tukeran link yuuuuuuuuuuk….
    blog kamu udah aku link :)

  32. Notmild says:

    Itulah kenapa bangsa indonesia gak maju2, masalah kecil aja diributin apalagi yang gede?
    Daripada ribut mendingan cukur rambut cuman 5000 perak ( wah gak ada hubungannya yah He..He..He.. 😀 ).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site