Hadits Nabi yang berkaitan dengan Ramadhan (2)

 puasa2

Rasulullah SAW bersabda, "Dan aku melihat orang-orang dari umatku yang sangat dahaga (kehausan) sekali, dan setiap dari mereka ditolak dari Telaga Haudh yang mencegah mereka (dari meminumnya), dan kemudian datanglah orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan maka mereka dilayani dan diperhatikan (oleh telaga Haudh) (HR. Thabrani)

Di yaumil akhir nanti, di saat tiada naungan pertolongan kecuali pertolongan Allah SWT, di saat manusia berjalan menuju peradilanNya, adalah rasa haus yang amat sangat yang kemudian menimpa mereka.

Seperti halnya orang yang terdampar di tengah lautan ketika kapal mereka pecah, yang ada hanya panas, haus, dan tiada kekuatan yang sanggup menggerakkan diri mereka kecuali angin yang berhembus yang meniup perahu penyelamatnya, maka keadaan ini pun terjadi di hari akhir nanti.

Ketika setiap orang berjalan dengan haus, mereka melihat Oase yang akan mampu menghilangkan rasa haus mereka, yakni Telaga Haudh. Akan tetapi sayang, telaga Haudh menolak setiap dari mereka yang mendatanginya. Diusir lah mereka dari telaga itu, bahkan untuk mendekat dan mencium aromanya sekalipun mereka tidak diperkenankan.

Tapi, ternyata ada segolongan manusia lain yang mereka diperbolehkan mendekati, bahkan mereka dilayani dan diperhatikan amat sangat. Ternyata rahasia mereka adalah puasa Ramadhan.

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian,
Berdahaga-dahaga dahulu, berbasah-basah kemudian :-)

Yuk, jadikan puasa kita semakin bermakna, agar tiada haus kelak di akhirat.

Referensi hadits: Kitab Minhajul Muslim, Syaikh Abu Bakar Jabir Al Jazaairi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site