Mencermati 10 perilaku pengguna Internet di Indonesia

Ketika orang Indonesia membuka komputer/laptop mereka, entah di warnet, di kantor, atau pun di rumah, kira-kira apa saja yang pertama kali mereka buka? Mari kita reka-reka, apa saja yang biasa dibuka oleh warga Indonesia ketika mereka membuka Internet (dari statistik, dapat diperkirakan pula bahwa pengguna Internet kemungkinan masih didominasi penduduk muda usia berdasar website yang dibuka)

# Semua data didapatkan dari Alexa, keakuratan tentu masih dipertanyakan, tapi cukup menggambarkan perilaku pengguna internet kita, studi lanjut tentu saja tetap dibutuhkan

Pertama, layanan pertama yang biasa dibuka adalah layanan email dan layanan ini adalah layanan email. Selama saya di Singapura, hanya orang-orang dari Indonesia dan Vietnam lah yang mempergunakan layanan Yahoo Messenger. Dan yang memiliki layanan Yahoo Messenger biasanya menggunakan Yahoo! Mail pula sebagai layanan emailnya.

Kedua, setelah mereka selesai mengecek email mereka akan membuka Friendster, entah sekedar ngeAdd friends, atau kasih comment/testimonial, upload foto, dst. Layanan social networking friendster memang sangat populer di kawasan Asia Tenggara, mereka cukup merajai di sini, dengan pangsa pasar 45% di Filipina, 15% di Malaysia, 14% di Singapura, dan 13% di Indonesia.

Ketiga, setelah puas ber”silaturahim” dengan Friendster, mencari dengan Google Indonesia menjadi pilihan. Setidaknya paling tidak masyarakat Indonesia masih suka mencari informasi.

Keempat, ngeBlog, dan nampaknya layanan dari Google yakni blogspot/blogger masih menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang yang lain seperti multiply, wordpress, dkk. Nampaknya blogging dan blogwalking mulai menjadi gaya berinternet. Sama seperti ketika anda sedang membaca tulisan ini :-)

Kelima, download. Rapidshare.com walaupun mungkin agak lambat diakses dari Indonesia, tapi ternyata dia masih menduduki peringkat yang lebih tinggi dari server lokal seperti GudangUpload. Entah apa saja yang didownload dari sini, tapi kemungkinan sih semacam software warez (pirated one) dan film.

Keenam, nonton video. Seperti di negara lain, YouTube masih menjadi pilihan, seperti saya di sini yang biasa pake YouTUbe untuk nonton…. extravaganza :-)

Ketujuh, setelah puas nonton video, barulah mereka mengikuti diskusi di Kaskus. Well, kaskus nampaknya memang masih unbeatable untuk urusan forum online. Mengingat kaskus menjadi ikon forum “segala aya“.

Kedelapan, cukup menarik, dimana orang Indonesia ternyata juga tidak melupakan Wikipedia sebagai sumber Informasi. Bagi para mahasiswa, wikipedia adalah tempat terbaik untuk “copy-paste” buat dikumpul ke dosen mereka, maklum tugas-tugas bejibun, gak sempat ketak-ketik sana-sini, meding copy paste dari wikipedia 😀

Kesembilan, setelah yang ringan-ringan tadi, barulah orang buka detik buat lihat berita. Well, nampaknya berita masih kalah pamor dari pada situs “ringan-ringan” di atas. Setidaknya setiap pengguna internet selalu terupdate lah dengan berita terkini.

Kesepuluh, bingung, semua website-website pilihan sudah dibuka, masih ada waktu lebih, akhirnya mereka menghabiskan waktu dengan melihat-lihat situs … ihik-ihik … :-P, nama website nya bisa dilihat sendiri di Alexa :-). Orang Indonesia nampaknya tidak bisa lepas dari ihik-ihik ini, sampe-sampe ada kampanye demi menyelamatkan moral bangsa Indonesia dengan kampanye, “Jangan Bugil di Depan Kamera“. Sementara kebanyakan negara lain (negara yang maju) akses website ihik-ihik umumnya terlempar dari 20 besar, eh di Indonesia masih masuk di 20 besar.

Kira-kira inilah sekilas perilaku pengguna Internet di Indonesia di masa kini. Apakah gambaran ini mirip dengan anda? :-)

Technorati Tags: ,

  1. jordan 6 says:

    +g71TYlNigwJfVZIlag8w4iCsU/dORTBiieMgrG6NJR4xIiCsbo3h91wWIKxyhv45IKxq7OGaMMKU8Gz1/yZjhiCscHv/QiCsa+wkmv8mY1Y-?Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I’ve really enjoyed browsing your blog posts. In any case I will be subscribing to your feed and I hope you write again soon+ACE-
    +ADw-a href+AD0AIg-http://www.jordan6.org/+ACI- +AD4-jordan 6+ADw-/a+AD4-

  2. m88 says:

    Kaymer has received over a dozen tournaments on the PGA aand European Excursions mixed but hiss final was onn the 2014 U.S.
    Open.

  3. google spam says:

    google spam

    Mencermati 10 perilaku pengguna Internet di Indonesia +AHw Thoughts, Andri Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site