Menjelang ramadhan, udah persiapan belum?

Tulisan ini juga dikirimkan untuk diterbitkan di buletinnya KUNTUM INDONESIA.

Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Khottob radiallahuanhuma dia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Islam dibangun diatas lima perkara; Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa nabi Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa Ramadhan. (Riwayat Tirmizi dan Muslim)

Tak terasa, kurang dari satu bulan lagi, kita akan kembali berjumpa dengan bulan Ramadhan yang mulia. Sudahkah saudaraku mempersiapkan segala sesuatunya? Ada sebuah penggalan nasyid yang cukup menggelitik …

Menjelang berbuka, duduk di depan meja, menatap makanan yang tersedia
Kolang-kaling, kolak pisang, es buah, begitu banyak lauk lainnya
Pintu diketuk disangka bunyi beduk, makanan langsung aja diseruduk
Perut pun kembung, pikiran melembung, waktu sholat roka’at lupa hitung

Alih-alih mendapatkan manfaat Ramadhan yang salah satunya untuk menyehatkan fisik kita, justru Ramadhan malah semakin meningkatkan kadar lemak di tubuh kita. Untuk itu, agar ibadah di bulan Ramadhan kita bermanfaat, paling tidak ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan.

Yang pertama adalah persiapan Iman. Bulan Ramadhan sudah semestinya bulan untuk beramal, dan Iman adalah ibarat energi yang menggerakkan ibadah kita di bulan Ramadhan. Seperti halnya olimpiade, semestinya para atlet latihan olah raganya jauh-jauh hari sebelum Olimpiade berlangsung, begitu pula dengan ibadah Ramadhan. Jangan ”latihan bertempurnya” justru saat bulan Ramadhan. Sudah pasti kita akan kalah kan?

Yang kedua adalah persiapan fisik. Sebelum ”puasa beneran”, kita latihan puasa dahulu. Rasulullah SAW membiasakan diri beliau unuk banyak berpuasa sebelum bulan Ramadhan. Sehingga ketika memasuki Ramadhan, puasanya menjadi puasa yang terbaik. Kalau kita baru latihan ”puasa beneran” saat awal Ramadhan, bisa-bisa Ramadhan berakhir dengan ”puasa beneran” yang baru akan didapat. Rugi satu bulan kan ? :-(

Yang ketiga adalah persiapan ilmu. Mau bermain sepak bola, tapi nggak tahu peraturannya? Bukan kiper tapi kerjaannya menangkap bola dengan tangan. Sudah pasti wasit akan menyempritnya kan? Pun, puasa demikianlah halnya. Jangan-jangan kita puasanya nggak benar. Hadirilah kajian/pengajian yang membahas tentang fiqh puasa, amalan-amalan di bulan Ramadhan dan lain sebagainya. Sehingga puasa dan amal kita menjadi amalan yang baik dan benar.

Yang terakhir adalah persiapan biaya. Kenapa dengan biaya? Apakah kita akan banyak mempersiapkannya untuk membeli buka puasa? Tentu tidak, Ramadhan adalah saat yang tepat untuk berbagi. Allah SWT telah berjanji untuk melipatgandakan seluruh Infaq dan shadaqah kita di bulan Ramadhan ini. Dan jangan lupa untuk membayar zakat fitrah kita nanti. Agar puasa kita tidak ”digantung” :)

Mumpung belum terlambat, mari kita persiapkan kembali bekal kita untuk Ramadhan kita kali ini. Siapa tahu ini akan menjadi Ramadhan terakhir kita.

  1. yando says:

    Mas andri, tulisannya saya kutip dan forward ke temen2 saya ya… Mohon ijinnya..

  2. @Yando: tafadhol, monggo aja :)
    ngeblog juga nih yando ? :D

  3. […] Menjelang ramadhan, udah persiapan belum? Menjelang ramadhan, udah persiapan belum? […]

  4. bangkumahoni says:

    Senengnya ketemu ramadhan lagi. Semoga bisa jadi ramadhan terbaik seumur2…

  5. Maman says:

    ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadan.

    Mas, Mudah2an kita bisa mengisi Ramadhan dengan apa yang terbaik yang kita punya. Amiin

  6. zahra says:

    ass. mas andri afwan…aku mau izin untuk menggunakan tulisannya di mading kampus. soalnya isinya bagus. syukron.wass

  7. adhez says:

    semoga ramadhan yang akan kita lalui menjadi ramadhan yang lebih baik, Ayo… perbanyak amal dibulan ramadhan.

  8. DJOKO SUMARTONO says:

    Dzazakumulloh khoiron katsiro buat mas Andri. Tulisannya bagus, mengingatkan, dan mencerahkan, tapi tidak menggurui. Subhanalloh…

    Semoga Alloh SWT mengizinkan dan meridhio kita untuk mampu melaksanakan dan “memenangkan” keutamaan/fadhillah ibadah shaum/puasa dan ibadah2 lainnya di bulan Ramadhan tahun ini. Amien.. Amien.. Amien.. !

    Buat Alloh SWT tidak ada yang mustahil, qun fayaqun, siapa tahu bulan Ramadhan kali ini merupakan terakhir kalinya untuk kita.

  9. adri suryadinata says:

    mas, makasih ya!, alhamdulillah saya jadi inget lagi…

  10. yeni nuryani says:

    Alhamdulillah, tulisan yang sangat bagus dan akan lebih bagus jika kita sebagai umat Islam mampu mengamalkannya, Amien ya rabbal alamien

  11. ukh.wahyu says:

    Assalamu’alaikum.
    afwan menurut ana kurang lengkap.
    Ana perlu lebih informasi untuk bulentin yang ana pegang….
    Wassalamu’alaikum.

  12. Hore, tulisanku dibajak lagi :)

    Belum genap sehari penuh aku posting tentang tulisanku yang dibajak di blog lain. Kali ini, sekali lagi aku menemukan postinganku dibajak di tempat lain lagi. Kenapa kusebut dibajak, karena sekali lagi tiada sumber tulisan ini dari mana, atau minimal ad

  13. […] kok Berat Badan Nambah Oktober 18th, 2007 Ternyata apa yang dikatakan dalam blog ini benar-benar terjadi pada […]

  14. heri kuswanto says:

    assalamualaikum,

    Mas, boleh aku copy tulisannya ini untuk di posting di milis KMH (keluarga muslim hannover)?

    Saya tunggu jawabannya

    Jazakallah Khair

    Wassalamualaikum

  15. ney says:

    aslkm..

    mz andri aku jga ijin ngopi tulisannya yaa
    dpt tgas kultum neh minggu depan
    thx a lot

  16. karera says:

    Assalmu’alaikum…….
    Alhamdulillah bulan ramadhan sebentar lagi…Mas q mo minta ijin ngutip tulisanmu bwt ngisi Buletin desaq. Thx b4
    Wassalam…..=D

  17. rofa says:

    ijin juga ngopi tulisannya untuk ngisi :)
    thx a lot

  18. […] Menjelang ramadhan, udah persiapan […]

  19. amer says:

    mau tanya nich ?,, ku mau ngucapin “marhaban ya ramadan..” tpi gmn y ? biar g basi,trus g so puitis jg ?.. q mnta kata-katanya y ?.. mkasi

  20. Sya_Nisa says:

    Alhamdulillah…..
    Ramadhan sebentar lagi..
    “Marhaban Ya Ramadhan”
    Semoga kita semua gak pernah lengah untuk selalu beramal dengan ikhlas.
    With Love coz Allah….Amin…

  21. Makmur says:

    Syukur Alhamdulilah…………….Romadhan dah diambang pintu………….berkahi amal ibadah ummat Nabi Muhammad diseluruh alam ini Yaa Robb dalam memunaikan ibadah puasa Amin…….

  22. tommy says:

    mas, artikelx saya copy paste y

  23. anna says:

    mas, artikel@ sya copy ya…
    bleh kn???
    tq b'4…………..

  24. hengky says:

    syukron ats infonya ?

  25. dafa says:

    Numpang baca and ijin copi,..thanks..

  26. Ade supriyatna says:

    Buat yg merasa Ter… Maaf2 aja neh..Seandainya memang itu cuplikan dari karyamu,jgn lah merasa org lain ngebajaknya,tapi qt sndiri harus ngaca diri,ko ama yg lain laku kok ama qt sendiri nggak?Nah..Cari tau kelemahan mu sndiri..Oya apa salahnya jika emang itu bgs buat org laen iklaskan lah..Toh g rugi materimu kan?Hehe.Sori cm ikut2an aja ini mah..Skali lg punten,toh para pahlawan aja bisa tanpa pamrih knapa qt ga bisa malahan ky guila hormet cing..Hehe

  27. mustafa says:

    sambut ramadhan dgn penuh keceriaan dan keiklasan, karena sesungguhnya banyak hikmah yg terkandung di dalamnya.

  28. Rahayu says:

    terima kasih, infonya :D
    ijin sedot buat tugas, ya?!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site