Instalasi WordPress di subfolder ?

Bagi anda yang melakukan instalasi sendiri wordpress di hostingan sendiri terutama jika anda menggunakan cpanel, instalasi (dengan fantastico) biasanya akan ditaruh di subfolder kita.

Misal anda punya URL someblogs.com maka biasanya hasil instalasi secara default akan ditaruh di subfolder wordpress. Atau biasanya hal ini juga terjadi jika kita mendownload file zip atau tar.gz dari wordpress.org, kemudian kita upload ke webserver dan diekstrak ke sana, biasanya juga akan diekstrak ke subfolder kita (defaultnya wordpress). Sehingga untuk mengakses blog kita, harus menuliskan (misal) someblogs.com/wordpress. Cukup menyebalkan bagi sebagian orang 😉

Kadang ada alasan lain juga, misal di root folder kita sudah ada beberapa file-file penting, dan kita tidak pingin mengutak-atiknya karena instalasi wordpress kita, sehingga kita lebih memilih install wordpress di subfolder. Atau kita pingin ngehost blog kita di hosting lain, tapi alamatnya nggak mau dihosting di sana, tapi malah di server lain.

Yang jadi masalah, kita menginginkan agar orang ketika membuka website kita, dalam hal ini someblogs.com, dia akan langsung masuk blog kita secara langsung, tanpa harus susah payah menuliskan subfoldernya agar bisa mengaksesnya. Nah cara berikut insya Alloh cukup membantu kita untuk melakukannya.

Langkah pertama, silakan login sebagai admin di wordpress anda, pilih menu Options kemudian pilih General Options. WordPress mengizinkan kita menampung blog kita di folder berbeda, atau bahkan mungkin URL yang berbeda dari halaman yang kita akses. Misal anda bisa saja menaruh wordpress anda di www.abcdefg.com/blogku dan alamat blog anda www.zxcvbn.com.

Seperti terlihat pada gambar di bawah, saya menginstall wordpress di alamat someblogs.com/wordpress, kemudian alamat blog saya di someblogs.com.

Kemudian copykan file index.php dan .htaccess dari instalasi wordpress kita ke root folder, dalam hal ini kedua file ini saya copy dari subfolder wordpress ke root folder someblogs.com. Kemudian editlah index.php yang telah anda copy tadi. Edit menjadi seperti berikut:

<?
/* Short and sweet */
define('WP_USE_THEMES', true);
require('./wordpress/wp-blog-header.php');
?>

Done ! Sekarang silakan akses root folder kita, dalam hal ini misal someblogs.com, dan kita akan dapati blog kita dengan manisnya nangkring di sana.

Untuk akses adminnya, tetep di someblogs.com/wordpress/wp-admin. Semoga membantu …

Technorati Tags: , ,

  1. Luthfi says:

    knp gak dr awal instalasi aja subfoldernya diilangin?
    btw, kata tmnku kata instal itu gak tepat buat wordpress, scr dia php gitu lohhh

  2. @luthfi: kan udah dibilang alesannya, siapa tahu sudah ada data penting di root folder, atau kita pingin naruh wordpress di tempat lain, atau bahkan di hostingan lain …

    oke deh, kalau instalasi dirasa gak pas, instalasi diganti penaruhan file wordpress di server … 😉

  3. Luthfi says:

    trims om andri atas ilmunya
    *anak lugu*

  4. @Luthfi: sama-sama dek Luthfi 😛

  5. drt says:

    Wah, kenapa baru sekarang ketemu tulisan ini ya?:lol: Sampai-sampai saya harus pindahkah seluruh file ke root-directory. Saya ingat dulu pernah hadapi kasus sama, tapi dasar sudah ubanan, lupa kalau yang perlu diubah cukup blog-addressnya doang. Makasih, mas dan salam kenal.

  6. Biho says:

    nah ini yang saya cari-cari, suwun ya. :)

  7. Zulfi says:

    Makasih infonya Pak…

  8. […] akses adminnya, tetep di someblogs.com/wordpress/wp-admin. Semoga membantu …pencerahan dari…… This entry was posted in Uncategorized by muklisin. Bookmark the […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site