Ternyata VMWare begitu dahsyat :)

Selama ini maenan sama VMWare, ternyata levelku masih “cupu”. Aku kira sudah cukup banyak mengeksplorasi banyak hal dari VMWare, ternyata banyak sekali kelebihan-kelebihan yang nggak pernah aku sadari. Selama cukup “sombong” dikirain sudah expert untuk urusan VMWare, eh ternyata baru nyadar, banyak sekali manfaat VMWare selain untuk nyobain OS-OS yang ada.

Belum lama ini barusan maen-maen dengan konsep Bridge Ethernet-nya VMWare. Dengan make modus Bridge, mirip dengan konsep Alias IP, kita bisa mengeset VMWare kita punya IP yang bisa diakses secara fisik oleh komputer lain di dalam jaringan. Selama ini gak gitu ngeh, jadi maennya cuman NAT (Network Address Translation), so akibatnya komputer Virtual hanya bisa diakses oleh komputerku saja, kalau pun mau diakses komputer asing, paling tidak aku harus nyediain route ke komputer virtual. Jadi semisal komputerku punya IP 10.10.1.151, dengan Bridge, komputer virtual bisa dikasih IP 10.10.1.152. Dengan demikian, semua komputer yang selama ini bisa mengakses komputer kita pun bisa mengakses komputer virtual kita.

Jadi setelah dipikir-pikir, dengan VMWare, kita bisa mengoptimalkan komputerku (yang kebetulan cukup powerful) untuk nyediain layanan-layanan biar bisa dipakai oleh pengguna yang lain. Apalagi kalau kita punya spare IP public, jadi bisa aja satu komputer kita kasih dua sistem operasi, yang satu njalanin Web Server dan satunya lagi njalanin misal Mail Server.

Ini tadi barusan nyobain FreeNAS, pingin ngetes sejauh mana kehebatannya yang bisa mensimulasikan RAID. Jadi walaupun kita nggak punya hard disk RAID di komputer fisik kita, tapi kita bisa ngeset hard disk VMWare kita biar bisa jadi RAID. Terus nyobain nggabungin FreeNAS tadi dengan Active Directorynya Windows 2003 Server.

Ke depan, pingin juga mainan RADIUS yang dikombinasikan sama Active Directory, buat authentikasi pengguna Wireless dengan Login Domain nya Windows 2003.

Jadi pingin semakin mengeksplorasi lagi nih ;))

Credit to:

1. http://www.easyvmx.com : ini bisa pengganti VMWare Workstation, jadi gak perlu instal versi “bajakan” buat maenan VMWare, biar lebih halal dan thoyyib
2. http://www.vmware.com/products/player/ : download Playernya VMWare yang free, bisa buat mainan sepuasnya
3. http://www.vmware.com/vmtn/appliances/ : download juga appliances-nya, keren-keren loh, bisa buat latihan bikin web server, mail server, proxy, dns, dll lah, banyak sekali

  1. Banyak sih emulator-emulator, sekarang Microsoft Virtual PC juga udah free, ada juga Virtual Box. But overall, VMWare menurutku masih paling baik.

    Buat mas Teddy, emang kalau 256 laptop bisa tewas, paling nggak ya 512MB lah 😉

  2. Husni says:

    Saya juga senang pakai VMware, selain untuk nyoba virus (aman sih karena ada fitur snapshot)…, bisa juga untuk ngoprek jaringan tanpa beli komputer baru…

    Btw, punya pak andri VMware versi berapa pak?

    Oya, VMware itu sebenarnya free atau gak pak?
    (saya tahunya cuman pakai doang :-p)

  3. Priyadi says:

    kalo saya pertama kali pake bridge mode, jadinya repot kalo pindah2 jaringan, harus setting network di dua tempat. justru kemaren2 baru tau mode NAT, lebih gampang kalo pindah2 jaringan :). yang repot itu emang memorinya, di sini 1 GB, tapi masih terlalu ngepas buat ngejalanin eclipse + vmware sekaligus.

  4. Teddy says:

    Mas andri.. komputernya mas andri tuh spek nya apaan ya? saya pernah nginstal vmware di laptop Pentium M yang cmn make ram 256, rencananya biar bisa ngirit, bikin TA nya gak perlu pake dua komputer, laptopnya pake xp trus di vmwarenya diinstall xp juga, walhasil laptopnya tewas wakakak.. ^ ^! ada sw yang fungsinya mirip2 tapi gak terlalu makan resources gak ya..?

  5. ns says:

    coba mulai dari: http://en.wikipedia.org/wiki/QEMU

    ada banyak versi, ada untuk mac, windows, linux dsb.

    pada bagian bawah banyak link ke emulator
    lainnya, juga ada komparasi mana yang paling oke.

  6. herdy says:

    mas andri.. aku dah nyoba install vmware, host ma client-nya win-xp. tapi aku kok gak bisa konekin keduanya ya??
    bingung settingan bridge, nat, dll itu.
    ada step by step nya gak?? help dunk..
    thanks ya,,

  7. @herdy: secara default VMware akan menginstall VMNet virtual yang bisa dipakai sebagai bridge ataupun NAT.

    Kalau kita install sebagai NAT, dia akan dapat IP DHCP dari host. Tinggal cek aja IP Guest OS kita (kalau di windows pakai Ipconfig), terus coba kita ping dari Host OSnya.

    Kalau nggak bisa, mungkin ada yang error di instalasi VMwarenya, saran saya coba pake VMWare Player dulu aja.

  8. WAWAN says:

    Mas, aku tolong dong jelasin detailnya tentang vmware dan bridgenya, supaya vmwarenya bisa diakses komputer lain di jaringan seperti katamu. atau aku dikasih linknya yang jelasin soal itu. Soalnya aku uthek uthek kok nggak bisa2 sampai aku coba winxp dalam winxp (vmwarenya), tapi tetep nggak bisa.
    sebelumnya trimakasih

  9. Angga says:

    mas…aku baru pake Virtual Box di Linux Mint..Hostnya min dan guestnya XP…
    saya juga pake double OS jg…Mint sama XP..
    bisa gak mas kalo XP saya di masukin ke Virtual Box itu..?
    mohon petunjuk bgt y mas…

  10. fikri says:

    wah ahirnya dapet pencerahan dari big master ku makasi mas gimana kabarnya sekarang

  11. taminson says:

    mas Coba degh remote desktop connection pake vm ware, klo success kasih tau aq yach, terserah mau remote host atau guestnya

  12. ensui says:

    mas,, aq baru pemula ne,,
    klo mw download vmware yg buat instal os pke versi yg mana..??

  13. helmi says:

    mas aq baru mau coba2x maen vmware nih tolong diajarin basicnya donk.
    q dah install vmware di win xp tapi dia minta file .dat minta pencerahannya nih mas

    terima kasih sebelumnya

  14. dan says:

    bisa jelasin lebih detil gk??? cara install ma cara setting yg laen????

  15. ira cool says:

    ok aku mau coba remote desktop di laptopq dengan klien pake winXP di vmwareQ..tapi yang jadi masalah aku belom punya ilmu pake bridge ethernet.. bs bantu g?setiap q ubah jadi bridge akan muncul tulisan kalo vmware0 g aktiv.vmware0 mana y?coz di network connectionq cuma ada vmware1 ama vmware8.tolong bgt..plissss….

    ^^
    kalo misal bs, lewat email juga boleh..

  16. noor w says:

    Iya VM ware emang powerfull coba aza install Mikrotik Router OS yang versi 3.20 bisa mainana MPLS Virtual and VRRP jg bisa he he he Loadalancing jg bisa pokoknya powerfull abiz

  17. gw_sky says:

    maz,file yang isinya ad ttg mmperbesar hardisk pke VMwre kok g ad y skrng…pdal ak pengen bgt nyoba.tlg d krm k almt e-mailku y maz… PLiZZZZ…bgt…. ke: ety_sweet@yahoo.co.id..pluz cara settingannya lo ad…thx BGt,,,

  18. Napster says:

    1. mas, download di google kok semua nya berbayar. ada yang sudah ber crack gak ???? mohon pencerahan master ….

    2. vmware bisa mempermudah dalam pembelajaran LINUX.; saya sudah pernah mencoba menerapkan cuma aku langsung secara virtual n masternya sudah disediakan. tolong beri link download yang terbaru ….

    thanks master

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site