Scribd, Youtube-nya dokumen kita

Jaman sekarang adalah jamannya ngeshare segala sesuatu. Setelah kita berpuas-puas dengan Youtube untuk ngeshare video (hayo ngaku ! siapa yang sukanya nonton Empat Mata ama Office Boy di Youtube ? gpp kok dimaafkan, maklum tinggal di LN bikin kangen ama Indonesia), sekarang ada tool baru untuk ngeshare dokumen kita.

Yap, namanya Scribd. Jika kita punya dokumen, dan pingin disimpan di Internet, dan tentu saja kalau pingin kita share ke orang lain, upload aja dokumen kita ke sana. Scribd bisa mendukung .pdf, .ppt, .doc, .xls, .txt, dan berbagai macam ekstensi lainnya.

Hebatnya scribd, misal kita upload dokumen kita dalam bentuk .doc, dia mampu mengkonversikan ke dalam bentuk PDF, udah gitu cepet lagi :-D. Terus bisa juga dibuat tampilan plain text-nya dalam bentuk .txt. Kalau mau iseng-iseng, atau pingin dokumen kita biar bisa dinikmati oleh kalangan disable yang tidak bisa melihat atau pun membaca, bisa kita simpan dalam bentuk MP3, karena scribd ada fasiltas text-to-speech.

Meski demikian, nampaknya sama seperti Youtube, kelihatannya akan semakin banyak karya-karya “bajakan” yang bakal dimuat disini. Akan semakin banyak “free ebooks” yang bertebaran di scribd yang tentu saja menyenangkan buat rakyat Indonesia yang pada gak punya duit ? Lha emang bedanya ebooks di Scribd sama di tempat lain apa? Yang jelas, di Scribd paling ndak kita tahu preview tampilan dari ebook yang pingin kita download, bukan berupa link-link saja.

Dan seperti halnya Youtube, menurutku Scribd pun ke depan harus bersiap-siap untuk dituntut banyak pihak yang persis seperti Google dengan Youtubenya, karena dituduh turut mendistribusikan barang-barang bajakan, atau malah di ban oleh suatu negara (seperti di thailand ketika ada satu film di youtube yang mendisktreditkan raja thailand).

Tapi, zaman memang telah berubah, Web 2.0 memang merevolusi banyak hal.
Welcome to the world of document sharing, and welcome to you Scribd.

——-

credit to Radon yang walau tidak menjelaskan Scribd, tapi memuat kata-kata Scribd di blognya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site