Musim exam tlah tiba

Musim exam di NTU telah tiba, semua orang menjadi “orang paling sibuk”… Semua penjuru kampus dipenuhi oleh orang yang sibuk belajar, berdebat tentang sebuah jawaban, kertas-kertas tutorial dan slide kuliah ada di bench-bench dan meja-meja kantin, bahkan kantin pun ada yang buka sampai jam 2 malam karena membantu menyukseskan “program” belajar setiap mahasiswa.

Beda suasana dengan Indo? Jelas, mungkin karena kampus memang nyiapin tempat belajar yang nyaman, di mana-mana bertebaran vending machine yang siap menyediakan minuman, snack, dan makanan, dan karena sebagian besar mahasiswa NTU terutama undergraduate tinggal di kampus, maka suasana malam di NTU pun jadi hidup.

Bagaimana denganku? Yah, selain belajar sendiri, tidak bisa dipungkiri, diskusi menjadikan pemahaman terhadap subject menjadi lebih baik. Ada dua model yang kulakukan untuk persiapan exam, yang pertama sama orang-orang India, kita masing-masing ngerjain exam paper tahun-tahun lalu, lalu kumpul jadi satu, dan didiskusikan sebentar, dan masing-masing dapet kopi exam paper sejak tahun 2000 sampe 2005. Yang kedua, belajar satu / beberapa chapter dari subject, terus didiskusikan metodenya, yang ini kulakukan sama temen dari Pakistan dan Iran. Semua saling melengkapi, meski aku prefer yang kedua, karena kalau sama orang India kadang agak sebel, karena aku minoritas, terus sukanya diskusinya pake bahasa Tamil …hu..hu :(

Anyway, selamat berjuang untuk Exam, dan doain ane juga ya

  1. Luthfi says:

    kayaknya sama aja spt di Indonesia –> belajar kalo mau ujian
    SKS (sistem kebut shubuh) :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site