mas..mas..ini peta bacanya gimana ya?

map
Dalam sebuah kegiatan alam, sebuah regu diberikan sebuah blind map yang berisi track yang harus mereka lalui untuk bisa survive di alam terbuka yang sama sekali belum pernah mereka jalani.

Blind map? iya, peta yang membutuhkan sebuah pengetahuan terlebih dahulu untuk mencapai kesana. Persoalan pertama yang harus diresolve adalah how to read the map correctly…dan kemudian hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membawa dan mengamankan terus peta itu untuk sewaktu-waktu dibaca kembali supaya mereka bisa survive dan sampai ke tujuan dengan selamat. Ibaratnya, they start from nothing, and they have an obligation to reach the destination well.

Sekarang kita beranalogi saja, bagi kita, umat muslim, tidak ada kok yang tidak menjawab, bahwa peta bagi orang muslim itu adalah Alquran. Alif laam miim. Ini adalah kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya, petunjuk bagi orang yang bertaqwa.

Kapan Alquran itu jadi petunjuk? Andaikan saja Alquran yang kita pegang itu selaksa peta yang ada di cerita tadi, kira-kira kapan peta tersebut bisa memberi petunjuk? Ya jelas, kalau kita bisa baca peta, kedua kalau peta tersebut kita baca. Impossible lah kalau kita punya peta selama perjalanan tapi kita taruh di tas terus/di saku terus, tanpa pernah kita baca, then kita akan sampai ke tujuan dengan selamat.

Destinasi kita mana sih? Kampoeng akherat kan? Kita start dari mana? Ya dari sini, dari tempat yang fana ini. Sudah dikasih peta belum? sudah kan di alquran…sudah bisa bacakah kita dengan peta ini? terus apakah selama perjalanan kita sudah membaca peta tadi? apakah kita akan yakin selamat di destinasi kita kalau kita tidak membaca map dengan benar …?
Wallahu a’lam

Sebuah catatan kesedihan, mengetahui orang Melayu di Singapore yang “ternyata” banyak yang tidak bisa baca Alquran…Sholat pun kadang ndak jelas…Why? terlalu sibuk kali….

  1. Orang Biasa says:

    Tidak bisa membaca dan tidak memahami AlQur'an tapi mereka malah jauh lebih beradab dari orang yang membaca dan paham Al Qur'an. Yang salah siapa ?


    Sebuah catatan kesedihan, mengetahui orang Melayu di Singapore yang ?ternyata? banyak yang tidak bisa baca Alquran?Sholat pun kadang ndak jelas?Why? terlalu sibuk kali?.

  2. phy says:

    buat Orang Biasa, emang ente yakin ? Kalo pencilan atau dalam skala minor sih mungkin, tapi dalam skala besar ? jangan mimpi…hehehe…

  3. Harian says:

    wah trims analoginya. nyambung

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site