Manfaat Pepaya

diambil dari : http://cybermed.cbn.net.id/detil.asp?kategori=Food&newsno=532, dengan sedikit perubahan

Satu
Buah pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A-nya lebih banyak daripada wortel, vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk. Kaya pula dengan vitamin B kompleks & vitamin E.

Dua
Buah pepaya mengandung enzim papain. Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein. Mencerna protein merupakan problem utama yang umumnya dihadapi banyak orang dalam pola makan sehari-hari. Tubuh mempunyai keterbatasan dalam mencerba protein yang disebabkan kurangnya pengeluaran asam hidroklorat di lambung.

Tiga
Kadar protein dalam buah pepaya tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buah. Tapi julah yang sedikit ini hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Ini disebabkan enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri. Daya cerna terhadap protein ini mengingatkan kita untuk lebih cermat memilih makanan, Bahwa makanan yang mengandung protein tinggi belum tenti bisa bermanfaat bagi tubuh. Yang penting adalah mudah atau tidaknya protein itu diserap tubuh.

Empat
Papain bisa memecah protein menjadi arginin. Senyawa arginin merupakan salah satu asam amino esensial yang dalam kondisi normal tidak bisa diproduksi tubuh dan biasa diperoleh melalui makanan seperti telur dan ragi. Namun bila enzim papain terlibat dalam proses pencerbaan protein, secara alami sebagian protein dapat diubah menjadi arginin. Proses pembentukan arginin dengan papain ini turut mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang populer dengan sebutan human growth hormone (HSG), sebab arginin merupakan salah satu sarat wajib dalam pembentukan HGH. Nah, HGH inilah yang membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Informasi penting lain, uji laboratorium menunjukkan arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Lima
Papain juga dapat memecah makanan yang mengandung protein hingga terbentuk berbagai senyawa asam amino yang bersifat autointoxicating atau otomatis menghilangkan terbentuknya substansi yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna. Tekanan darah tinggi, susah buang air besar, radang sendi, epilepsi dan kencing manis merupakan penyakit-penyakit yang muncul karena proses pencernaan makanan yang tidak sempurna. Papain tidak selalu dapat mencegahnya, namun setidaknya dapat meminimalkan efek negatif yang muncul. Yang jelas papain dapat membantu mewujudkan proses pencenaan makanan yang lebih baik.

Enam
Papain berfungsi membantu pengaturan asam amino dan membantu mengeluarkan racun tubuh. Dengan cara ini sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan.

Tujuh
Pepaya juga dapat mempercepat pencernaan karbohidrat dan lemak. Enzim papain mampu memecah serat-serat daging, sehingga daging lebih mudah dicerna. Tidak heran bila pepaya sering dijadikan bahan pengempuk daging, terutama untuk pembuatan sate atau masakan semur.

Delapan
Pepaya memiliki sifat antiseptik dan membantu mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam usus. Pepaya membantu menormalkan pH usus sehingga keadaan flora usus pun menjadi normal.

Sembilan
Papain terbentuk di seluruh bagian buah, baik kulit, daging buah, maupun bijinya. Jadi sebaiknya pepaya dimanfaatkan secara seutuhnya. Malah, bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan, disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya beserta bijinya.

Sepuluh
Buah yang masih mengkal atau separuh matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari buah matang. Namun wanita yang ingin memiliki anak atau sedang hamil dilarang mengonsumsinya, karena buah mentah dan mengkal mempunyai efek menggugurkan kandungan. Karena efek yang satu ini, di berbagai negara, seperti Papua Nugini dan Peru, pepaya digunakan sebagai alat kontrasepsi. Saran untuk wanita hamil, bila ingin mendapatkan khasiat pepaya, makanlah buah yang sudah matang saja.

Omong-omong, sebenarnya pohon pepaya yang kutanam disamping rumah sudah berbuah (untuk pertama kalinya), sedihnya…hiks…. aku tidak tahu bakal bisa makan atau tidak buah pertamanya, soalnya besok Rabu sudah harus take off…semoga saja Selasa besok sudah matang laper
Pepaya Samping Rumah

  1. fix says:

    i love papaya! Q bnr2 ngerasain manfaAtnya! KbetUlan q lg diet ketat ga pake obAt,jd pencernaAn kegangGu coz q ga mkan nasi,sayuUur mlulu. Ketika bAb krg lancAr,papaya beraksi!! Langsung lega dEh,peruT tmbh lgsing coz bAb lancAr. HIdup papay!

  2. ins says:

    aku suuuuuuka buah pepaya

  3. Deasy says:

    Tx ya, uda ksh byk info yg diberikan sgt bermanfaat bgt. Dl wkt kcl sy plg anti pepaya. Tiap x disuruh mkn pepaya ma mama, pst sy buang ke closet (dg 7an spy ga ketauan kl ga dimkn, biar ga kena marah), ujung2nya boong dech ma ma2. Trs + bsr sy jd sk pepaya. Wkt kuliah sy beli pepaya, sy bagi ke tmn2, ada 1 tmn sy blg : "kq sk mkn pepaya se, pdhl bau. Trs km kq kyk burung(krn byk burung diksh mkn pepaya)." Sy cuekin aza. Eee…ga taunya dia mau mkn pepaya jg. GRATIS KALEE…. he he he… kemkn omongan sdr dia, jd kyk burung. Sy jd geli kl inget hal tsb. Smp skrg pepaya 4ever… (prnh sy ga bab slm 1-2 hr, sy mkn pepaya smp 1 buah). Pepaya, i like u. :)

  4. dili says:

    assalamu'alaikum

    aku gak begitu suka ma papayae, soal rasana itu low…
    bisa bantu gak gimana carana mlih papayae yan nyummmiiiiii. ..

    maaci sblonna…

    wassalamu'laikum

  5. rera says:

    apakah kandungan pepaya pada pepaya muda sama dengan pepaya yang sudah tua atau berwarna merah?
    apa juga bedanya pepaya merah dengan pepaya kuning atau lokal?
    terimakasih…

  6. oja says:

    saya curhat nich?dari smp tuch saya dibilang gendut sampai tamat sma pun berat badan saya gak turun.saya pengen langsing,tapi langsing dengan sehat tapi kalau olahraga,saya males banget………….
    saya mau nanyak nich mas?apa dengan makan buah pepaya setiap hari,bisa buat badan saya langsing. n beri saya saran untuk langsing.udah capek jadi gendut.bayangkan tinggi 145,berat saya 53.

  7. edy hariono says:

    pepaya emang oke, selain rasanya mantap,,,harganya jg ekonomis.

  8. Anonymous says:

    Wkwk.. Bsa bwt gugurin jg..

  9. sammy says:

    yg aq dgr pepaya sbg bhn untuk bhn cosmetic…kira2 bagus gag ya bwt masker wajah. ada yg pernah nyoba gag?

  10. Maggie giovani says:

    Wah, Bagus neh artikel ny… gw jd tw manfaat dar pepaya……..
    Thanks ya…^^

  11. Anonymous says:

    Akhry’ aq tau byk mnfaat papaya, lgian papaya xan mdh ddpt.
    Jd ma ksh ya ats pngthuany’! :-)

  12. Anonymous says:

    Saya mw tnya ap sie mnfaat dri kslurhan buah pepaya??

  13. July says:

    Wah memang peluang bisnis getah pepaya “papain” sbnrnya menjanjikan dpasar eksport, namum di indonesia susah menembus pasar tsbt krna ada krngnya iformasi tentang papain. Dulu q prnh ikut terjun di pengolahan papain n smpai pernh pengembngan lahan di klimatan tp gtot. Hehe…!!

  14. rundito says:

    aku ga suka pepaya,tp sth tau manfaatnya mau kucoba tuk suka…

  15. ady says:

    Mohon maaf sebelumnya jikalau pesan ini mengganggu.Saya pengen berbagi informasi nih buat kita semua, mudah2an bermanfaat.Barangkali ada dari rekan2 yg sedang butuh dana/income tambahan diluar gaji blnan.Program ini dijalnkan secara online(maya),tapi uang yg dihsilkn betul2 riil.Ada transaksi,ada produk,logis,masuk akal,en tidak ada satu pihak pun yg dirugikan dlm program ini.Program ini dijlankan secara LEGAL&HALAL (KET hrap bca di websitenya, di menu “Legal & Halal”)Websitenya http://www.bisnis5milyar.net/?id=fazi

  16. eyik says:

    saya suka pepaya,

  17. Anonymous says:

    Thanks infonya….

  18. oti says:

    bersyukurlah hai orang-orang yang menyukai buah pepaya. dan kasihan…dech yang gak suka papaya

  19. waw….info ini sangat membantu saya….
    saya sangat menykai pepaya…
    akn sy share dg yg lain

  20. chai says:

    woooowwww……
    mangstab, pepaya oh pepaya jadi makin cinta aja ma pepaya..hehe
    thanx buat infonya……

  21. teddy mulyadieahmad says:

    waduuuhh….. bisa bwat kb juga yah…… tapi apakah tingkat akurasi nya dapat di pertanggung jawab kan n kl boleh tau gimana cara nya tuh gan..

  22. ahmad sholikhin says:

    ini yang ku cari

  23. terika says:

    mksih y bwt info na,,,
    bwt info yg lebih baru n lebih banyak lg y…
    :-)

  24. nita says:

    Artikel yang bagus dan bermanfaat….thanks

  25. agrobuah.com says:

    Kalau mau pepaya silahkan tengok di tempatku,
    disana banyak pilihan pepaya.

  26. makasih infonya, baru tau artikel ini. :)

  27. pepaya says:

    tapi pepaya yg masih mengkel enak buat ngerujak gan, hehe…

    Buah pepaya juga bermanfaat untuk pria, terutama pria perokok berat. Kandungan vitamin C esentialnya bisa mengurangi efek asap rokok ke paru-paru. Para peneliti juga sepakat kalau pepaya bisa menghasilkan zat anti-oksidan dan menangkal efek racun nikotin. Enzim yang dimiliki pepaya juga bisa meregenerasi sel darah putih.

  28. agro buah says:

    biji pepaya juga bisa untuuk anti kolesterol.
    yang pengen tahu bisa tengok di homepage ku.
    http://agrobuah.com/manfaat-biji-pepaya-turunkan-kadar-kolesterol/.HTML

  29. pepaya says:

    wah, banyak banget manfaat dr kandungan pepaya, jadi pengen makan pepaya terus nih. tp kalau mengkonsumsi terus setiap hari, kirakira bakal ada efek samping gak..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Switch to our mobile site